Hindari Kantong Bolong Akibat Jarang Servis Motor

Properti dan Solusi

Hindari Kantong Bolong Akibat Jarang Servis Motor

Motor jadi kurang tenaga dan tidak enak untuk dipakai? Mungkin ada yang bermasalah pada mesin utama sepeda motor Anda, Pointers. Jarang servis motor biasanya jadi salah satu faktor timbulkan kerusakan-kerusakan pada mesin. Sama halnya seperti tubuh, mesin merupakan komponen utama pada sepeda motor untuk dapat berjalan. Jika ada beberapa bagian mesin yang rusak atau tidak berjalan sesuai maka motor akan menjadi tidak enak untuk digunakan.

Melansir dari beberapa sumber seperti bikedekho.com (10/12/2019), berikut beberapa kerusakan pada motor yang paling menguras isi dompet karena malas servis ke bangkel.

Hindari Kantong Bolong Akibat Jarang Servis Motor

Mesin Jadi Kasar dan Sering Mati di Jalan

Mesin motor Anda menjadi kasar dan sering mati? Hal ini bisa dikarenakan setingan atau mounting mesin sudah tidak sesuai atau kendur. Jika setingan mesin tidak sesuai maka masalah-masalah seperti suara mesin menjadi kasar atau sering mati akan semakin parah, hingga berakhir mesin mengalami kerusakan yang signifikan. Khususnya bagi Anda yang menggunakan motor manual, segeralah untuk melakukan servis besar di bengkel terpercaya agar motor kembali nyaman dan aman untuk dikendarai.

[Baca Juga: Pensiun Jadi Pembalap Motor, M. Fadli Kini Jadi Atlet Pesepeda]

Tenaga Motor Menurun Atau Hilang

Teknologi mesin motor saat ini sudah semakin hi tech, istilah tersebut sangat tepat menggambarkan sistem mesin motor yang sangat bergantung pada setingan digital. Penggantian teknologi karbu menjadi injeksi mungkin memberikan Anda kepuasan berkendara dalam segi akselerasi dan ketahanan mesin yang lebih durable, tapi hal tersebut tentunya tidak akan terjadi jika mesin jarang di servis. Bagi pengguna motor injeksi dan matic tentunya akan sangat terganggu dengan masalah akselerasi karena akan sangat mengganggu aktivitas berkendara. Khusunya untuk motor matic, masalah kesehatan CVT (Continuously Variable Transmission) juga sangat mempengaruhi akselerasi mesin motor matic.

[Baca Juga: PLN dan BRI Gelar Program Trade In Motor Listrik]

Mesin Ngebul dan Berisik

Jika mesin Anda sudah terdengar sangat kasar dan mengeluarkan asap putih dari knalpot, bisa jadi mesin motor Anda mengalami masalah signifikan yang menguruskan turun mesin. Gejala-gejala motor sudah memasuki masa turun mesin adalah tenaga/akselerasi mesin hilang, mesin susah menyala, knalpot mengeluarkan asap putih, mesin bersuara kasar, tarikan menjadi menggelitik (Mesin Mengejan), bau knalpot sangit, hingga mesin tidak bisa dinyalakan.

Merawat mesin sangatlah diperlukan agar kondisi motor tetap prima sehingga berkendara menjadi lebih nyaman dan aman. Salah satu cara agar kondisi motor tetap sehat, usahakan untuk melakukan servis secara rutin minimal satu sampai dua bulan sekali, tergantung pemakaian.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.