Hindari Konsumsi Makanan Ini Agar Tak Terkena Serangan Jantung

Kesehatan

Hindari Konsumsi Makanan Ini Agar Tak Terkena Serangan Jantung

Apalagi untuk pengidap penyakit jantung, tentu harus menghindari makanan yang bisa berpengaruh terhadap jantung Anda. memang, makanan-makanan enak justru menjadi pantangan. Meski memiliki rasa yang lezat dan enak, makanan ini tak baik jika dikonsumsi berlebih dan bisa menyebebkan serangan jantung.

Dilansir dari Daily Mail (19/6/2019), dokter dan ahli diet sepakat bahwa cara terbaik untuk mencegah serangan jantung ialah dengan mengubah pola makan, kebiasaan hidup sehat, serta melakukan olahraga secara rutin. Maka, berikut makanan yang harus dihindari agar Anda tak berisiko terkena serangan jantung, yang dilansir dari RD.com (19/6/2019).

[Baca Juga: Awas! Jangan Sepelekan Gangguan Irama Jantung]

1. Sosis dan Roti Hot Dog

Meski memiliki rasa yang lezat dan mengenyangkan, sosis dan hot dog berbahaya bagi kesehatan jantung Anda. seorang ahli jantung di Columbia Prebyterian di New York Jennifer Haythe, mengatakan bahwa produk ini bisa menyebabkan seseorang gagal jantung jika dikonsumsi secara berlebihan.

“Kandungan dalam daging sosis ini memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup signifikan. Maka, sosis dan daging selalu dikaitkan dengan penyakit gagal jantung dan kanker,” tutur Jennifer.

2. Daging Merah

Siapa yang tak ingin memesan steak yang juicy serta ditaburi jamur dan ditumis dalam mentega ketika berada di restoran? Namun,tahukah Anda jika steak yang berisikan daging merah dalam hidangan itu penuh dengan lemak jenuh, garam, dan kolesterol.

Menurut Dr. Haythe, para pengidap jantung disarankan untuk mengonsumsi daging merah satu kali saja dalam satu bulan. “Ketika mengonsumsi daging merah, cari potongan yang lebih tipis dan gunakan rempah-rempah tambahan agar menghilangkan rasa saus mentega yang punya lemak jenuh serta kolesterol tinggi.

3. Pizza

Memakan pizza bersama keluarga saat menghabiskan waktu libur adalah hal yang sangat dinantikan. Sayangnya, makanan khas Italia ini memiliki karbohidrat raksasa dari garam dan keju olahan, seperti mozzarella.

Namun itu semua bukan berarti Anda tak diperbolehkan mengonsumsi pizza. Anda boleh makan malam dengan pizza, dengan syarat harus memesan pizza versi lebih sehat, dengan irisan jamur, atau paprika. “Gunakan kerak gandum, minyak zaitun, dan keju kambing segar,” tutur Haythe.

[Baca Juga: Ini 6 Manfaat Kismis Untuk Jantung Hingga Kulit]

4. Minuman Berenergi

Minuman berenergi memiliki fungsi untuk meningkatkan energi tubuh seseorang. Namun, terdapat beberapa bahan seperti guarana dan taurin yang bisa membuat jantung Anda berdetak kencang. “Ada banyak kafein yang berasal dari minuman berenergi. Jika Anda mengonsumsi berlebih dapat memicu aritmia.

Aritmia sendiri ialah suatu tanda atau gejala dari gangguan detak jantung atau irama jantung. Hindari mengonsumsi minuman berenergi ketika Anda sedang kelelahan dan kurang tidur. Dua hal tersebut adalah kombinasi buruk dan bisa menjadi pemicu besar untuk mendapatkan serangan jantung.

5. Ayam Goreng Krispi

Olahan daging ayam yang digoreng dengan terigu memang sangat lezat. Namun, menurut Dr. Weinberg, segala makanan yang digoreng sekalipun itu sayur punya pengaruh buruk bagi jantung. “Ini buruk untuk jantung, dan kesehatan pinggang Anda, karena makanan yang digoreng dapat membawa oksidan ke dalam sistem Anda,” tuturnya.

Oksidan sendiri ialah musuh bebuyutan dari antioksidan. Ayam goreng dan berbagai makanan yang digoreng lainnya melibatkan minyak panas yang sanggup mengubah struktur vitamin dan antioksidan. Sehingga Anda hanya mendapatkan tambahan lemak dan kalori di dalam tubuh.

[Baca Juga: Kelainan Genetik yang Pengaruhi Keinerja Jantung]

Memang, banyak yang Anda perlu korbankan untuk bisa selalu hidup sehat. Karena sehat itu mahal. Kurangi mengonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat dan higienis. Mulailah untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan agar tubuh selalu bugar dan sehat.

Read More

Artikel Lainnya

Toyota Hadirkan Aplikasi mToyota Guna Tingkatkan Layanan Digital

Bisnis

Toyota Hadirkan Aplikasi mToyota Guna Tingkatkan Layanan Digital

09 December 2019, 18:00

Toyota berikan pelayanan digital kepada konsumen setia lewat Mobile Apps mToyoya

Film Kucumbu Tubuh Indahku Borong Piala Citra FFI 2019

Berita Kawasan

Film Kucumbu Tubuh Indahku Borong Piala Citra FFI 2019

09 December 2019, 17:00

Dari 12 nominasi yang didapat, film Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho sukses meraih delapan penghargaan di ajang FFI 2019.

Rayakan 10 Tahun Pernikahan, Musisi Endah N Rhesa Luncurkan Sebuah Biografi

Berita Kawasan

Rayakan 10 Tahun Pernikahan, Musisi Endah N Rhesa Luncurkan Biografi

09 December 2019, 16:00

buku ini akan mengangkat bagaimana peran sosok-sosok inspiratif yang ada di kehidupan Endah dan Rhesa selama berkarir di dunia musik.

LOKALisme By Ninja Xpress, Gandeng UKM untuk Tingkatkan Value Produk Lokal

Bisnis

LOKALisme By Ninja Xpress, Gandeng UKM untuk Tingkatkan Value ProdukLokal

09 December 2019, 15:00

Semangat yang digaungkan oleh LOKALisme ini disambut positif oleh brand dan kreator lokal berkualitas global yang berkolaborasi melalui Pop Up Market.


Comments


Please Login to leave a comment.