Hindari Makanan Ini Saat Buka Puasa

Kuliner

Hindari Makanan Ini Saat Buka Puasa

Jelang buka puasa, biasanya orang-orang suka berburu takjil yang manis-manis. Es, gorengan maupun kolak menjadi hidangan primadona orang berbuka. Rasanya kurang afdol bila tidak ada pilihan menu tersebut. Tapi tahukah Anda, selama 12 jam menahan lapar dan haus tentu perut kita tidak bisa sembarangan terisi makanan yang membuat perut kita menjadi kaget dan akhirnya bisa saja sakit. Nah, agar kondisi badan Anda tetap fit dan bisa maksimal menjalani puasa di hari berikutnya, ada baiknya Anda menghindari beberapa jenis makanan berikut ini.

Hindari Makanan Ini Saat Buka Puasa Takjil

1) Makanan Manis Tinggi Gula

Makanan manis tinggi gula merupakan salah satu jenis makanan yang harus Anda hindari saat buka puasa. Pasalnya, jenis makanan dengan kandungan tambahan gula ini bisa membuat kadar gula darah di dalam tubuh dapat meningkat lebih cepat. Sebaiknya, ganti dengan makanan manis alami, seperti buah-buahan yang dianjurkan saat berbuka puasa, seperti kurma. Penting diperhatikan, tidak semua buah dapat dikonsumsi saat buka puasa, seperti nangka dan durian yang terdapat kandungan gas di dalamnya.

Resep gorengan nikmat di saat musim hujan

2) Makanan yang Digoreng

Salah makan makanan saat berbuka puasa akan fatal akibatnya. Perut bisa menjadi sakit dan mengakibatkan kondisi badan yang gampang lesu. Semua makanan yang digoreng membuat banyak lemak yang akan disimpan dalam tubuh, sehingga pencernaan Anda dapat terganggu dan meningkatkan tingkat keasamaan pada tubuh.

Hindari Makanan Ini Saat Buka Puasa Soto

3) Makanan Pedas

Buat Anda pecinta makanan pedas, sebaiknya hindari mengonsumsinya ketika berbuka puasa. Perut yang kosong selama puasa, saat berbuka perlu diisi dengan makanan dan minuman yang menyehatkan dan tidak mengganggu kesehatan. Mengonsumsi makanan pedas akan membuatkan gangguan pencernaan Anda jadi lebih buruk. Dan, penyerapan nutrisi pada tubuh saat puasa jadi terganggu.

Demi Kesehatan, Kombinasi Makanan yang Sebaiknya Dihindari Burger Kentang Goreng

4) Junk Food atau Fast Food

Junk food atau fast food memiliki banyak kandungan yang berbahaya bagi tubuh seperti lemak jenuh, MSG yang berlebih, gula yang tinggi, serta zat aditif sintesis. Terlebih bila Anda mengonsumsinya saat berbuka puasa, maka perut Anda bisa sakit bahkan mual.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari saat berbuka puasa agar badan tetap dalam kondisi fit serta dapat menjalankan ibadah puasa dengan nikmat dan lancar hingga satu bulan penuh.

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Jogja Imbau Masjid Ganti Takjil dengan Bantuan Sembako]

[Baca Juga: Kurma dan Makanan Sehat Lain yang Cocok untuk Buka Puasa]


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.