Hindari Makanan Ini Saat Buka Puasa

Kuliner

Hindari Makanan Ini Saat Buka Puasa

Jelang buka puasa, biasanya orang-orang suka berburu takjil yang manis-manis. Es, gorengan maupun kolak menjadi hidangan primadona orang berbuka. Rasanya kurang afdol bila tidak ada pilihan menu tersebut. Tapi tahukah Anda, selama 12 jam menahan lapar dan haus tentu perut kita tidak bisa sembarangan terisi makanan yang membuat perut kita menjadi kaget dan akhirnya bisa saja sakit. Nah, agar kondisi badan Anda tetap fit dan bisa maksimal menjalani puasa di hari berikutnya, ada baiknya Anda menghindari beberapa jenis makanan berikut ini.

Hindari Makanan Ini Saat Buka Puasa Takjil

1) Makanan Manis Tinggi Gula

Makanan manis tinggi gula merupakan salah satu jenis makanan yang harus Anda hindari saat buka puasa. Pasalnya, jenis makanan dengan kandungan tambahan gula ini bisa membuat kadar gula darah di dalam tubuh dapat meningkat lebih cepat. Sebaiknya, ganti dengan makanan manis alami, seperti buah-buahan yang dianjurkan saat berbuka puasa, seperti kurma. Penting diperhatikan, tidak semua buah dapat dikonsumsi saat buka puasa, seperti nangka dan durian yang terdapat kandungan gas di dalamnya.

Resep gorengan nikmat di saat musim hujan

2) Makanan yang Digoreng

Salah makan makanan saat berbuka puasa akan fatal akibatnya. Perut bisa menjadi sakit dan mengakibatkan kondisi badan yang gampang lesu. Semua makanan yang digoreng membuat banyak lemak yang akan disimpan dalam tubuh, sehingga pencernaan Anda dapat terganggu dan meningkatkan tingkat keasamaan pada tubuh.

Hindari Makanan Ini Saat Buka Puasa Soto

3) Makanan Pedas

Buat Anda pecinta makanan pedas, sebaiknya hindari mengonsumsinya ketika berbuka puasa. Perut yang kosong selama puasa, saat berbuka perlu diisi dengan makanan dan minuman yang menyehatkan dan tidak mengganggu kesehatan. Mengonsumsi makanan pedas akan membuatkan gangguan pencernaan Anda jadi lebih buruk. Dan, penyerapan nutrisi pada tubuh saat puasa jadi terganggu.

Demi Kesehatan, Kombinasi Makanan yang Sebaiknya Dihindari Burger Kentang Goreng

4) Junk Food atau Fast Food

Junk food atau fast food memiliki banyak kandungan yang berbahaya bagi tubuh seperti lemak jenuh, MSG yang berlebih, gula yang tinggi, serta zat aditif sintesis. Terlebih bila Anda mengonsumsinya saat berbuka puasa, maka perut Anda bisa sakit bahkan mual.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari saat berbuka puasa agar badan tetap dalam kondisi fit serta dapat menjalankan ibadah puasa dengan nikmat dan lancar hingga satu bulan penuh.

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Jogja Imbau Masjid Ganti Takjil dengan Bantuan Sembako]

[Baca Juga: Kurma dan Makanan Sehat Lain yang Cocok untuk Buka Puasa]


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.