Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

Walau dipandang sebelah mata, tak sedikit generasi muda yang terindikasi mengidap gangguan tidur insomnia. Di mana akibat beragam kebiasaan, contohnya bekerja atau mengerjakan tugas hingga larut malam atau mungkin menonton pertandingan sepak bola yang biasanya ditayangkan dini hari, bisa memicu terjadinya insomnia.

Jika telah mencapai tahap akut atau jangka panjang, biasanya penderita insomnia pun meminta pertolongan medis agar mendapatkan resep yang bisa membantu mereka tidur di malam hari. Walau ini membantu, tapi menurut pakar dari Universitas Airlangga (Unair), penderita insomnia tetap tak bisa mendapat tidur yang berkualitas.

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomni a.jpg

Berdasarkan penjelasan pakar gangguan tidur di Fakultas Kedokteran Unair dr. Wardah Rahmatul Islamiyah SpN(K), obat tidur yang biasanya diberikan kepada penderita insomnia adalah jenis CTM. Obat ini bekerja dengan menimbulkan rasa kantuk sehingga mendorong Anda ingin tidur. Namun tentu saja terdapat efek samping yang bisa berkepanjangan seperti tidur tak lelap dan tidak nyaman sampai Anda kerap mengalami rasa kantuk. Di sisi lain, obat ini juga bila tidak hati-hati konsumsinya maka dapat menimbulkan efek ketergantungan.

Selain itu, ada juga dokter yang akan meresepkan obat yang memiliki kandungan hormon melatonin eksogen untuk membantu pasien insomnianya dapat tidur. Namun obat ini pada dasarnya hanya boleh dikonsumsi tidak lebih dari dua pekan saja dan bila lebih maka dapat menimbulkan potensi terhentinya produksi melatonin di tubuh Anda.

[Baca Juga: Tips Untuk Obati Insomnia Tanpa Harus ke Dokter]

Lantas bagaimana penderita insomnia dapat tidur dan sebenarnya berapa jam yang dibutuhkan individu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas? “Anak-anak kebutuhannya 10 jam, remaja 8 jam, dewasa 6 jam. Sementara lansia hanya butuh 4 sampai lima jam saja. Tidur melebihi jam itu biasanya tidak bisa, yang ada tidurnya tidak berkualitas,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari Unair.ac.id (23/6/2022).

Sedangkan untuk tipsnya dalam menghindari obat tidur, penderita insomnia disarankan untuk berolahraga serta beraktivitas secara rutin di pagi sampai siang hari. Karena ini membantu tubuh merasa lelah sehingga membantu Anda tidur secara terlelap. Kemudian pastikan Anda makan berat maksimal dua jam sebelum tidur demi mengurangi beban kerja organ pencernaan. Lalu menghindari olahraga empat jam sebelum tidur dan menciptakan suasana nyaman di ruangan untuk membantu Anda tidur seperti mematikan lampu atau bila tak terbiasa dengan gelap sepenuhnya, Anda bisa lebih meredupkan lampu tidur di kamar.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.