Hindari Penggunaan Masker Saat Berolahraga

Kesehatan

Hindari Penggunaan Masker Saat Berolahraga

Masker kini menjadi barang wajib yang harus dikenakan setiap orang yang ingin beraktivitas di luar rumah. Tak terkecuali bagi mereka yang ingin berolahraga. Hal tersebut tidak lain agar terhindar dari penularan COVID-19.

Namun belakangan ini beredar sebuah berita dimana seseorang meninggal dunia ketika sedang bersepeda dengan menggunakan masker. Meski telah dikonfiirmasi bahwa yang bersangkutan meninggal akibat penyakit jantung, namun hal tersebut tentunya memunculkan pertanyaan tentang seberapa aman berolahraga dengan menggunakan masker.

Hindari Penggunaan Masker Saat Berolahraga

Untuk olahraga ringan, beberapa pakar setuju bahwa penggunaan masker sebetulnya cukup aman. Namun tidak untuk olahraga berat yang membutuhkan banyak asupan oksigen. Sebab menurut Psikolog dan profesor pada School of Health Sciences di Central Michigan University, Lana V. Ivanitskaya, hal tersebut dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih sulit untuk bernapas. Lebih berbahaya lagi jika orang tersebut memiliki riwayat penyakit paru-paru maupun jantung.

[Baca Juga: Berolahraga Saat #Dirumahaja, 20Fit Hadirkan Kelas Virtual]

Pernyataan tersebut diperkuat oleh pendapat seorang ahli terapi fisik dan spesialis ortopedi di MovementX, Scott McAfee. McAfee mengatakan bahwa penggunan masker saat berolahraga dapat menyebabkan aliran udara yang masuk ke paru-paru menjadi berkurang. Kondisi tersebut tentu membuat olahraga menjadi lebih berat dari biasanya.

"Dengan udara yang masuk lebih sedikit, oksigen yang digunakan untuk mengubah gula menjadi energi jadi ikut berkurang. Itu membuat tubuh menjadi mudah lelah," jelas McAfee dilansir dari cnet.com (3/6/2020).

Hindari Penggunaan Masker Saat Berolahraga

Penggunaan masker saat berolahraga juga dapat menyebabkan keracunan karbon dioksida. Sebab ketika pernapasan terhambat oleh masker, bukan tidak mungkin yang dihirup ke dalam tubuh adalah karbon dioksida. Beberapa gejala yang timbul keteika seseorang keracunan karbon dioksida adalah mual, pusing, sakit kepala, dan detak jantung melemah.

[Baca Juga: Waspada COVID-19, Berbagai Kompetisi Olahraga Tanah Air Dihentikan]

Adapun jika ingin tetap berolahraga di masa pandemi COVID-19, usahakan untuk meminimalisir penggunaan masker. Caranya dengan berolahraga secara mandiri dan hindari kerumunan orang. Atau jika berolahraga bersama orang lain usahakan untuk tetap menjaga jarak minimal dua meter. Kemudian jika ingin berolahraga seperti lari atau bersepeda, pilih rute olahraga yang sepi untuk menghindari kerumunan banyak orang.

Untuk lebih aman, tidak ada salahnya melakukan olahraga di dalam rumah, terutama pada jenis olahraga berat yang membutuhkan banyak oksigen. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan dari dalam rumah selama masa pandemi ini, seperti senam, aerobik atau yoga.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.