Hindari Server Down Saat Melakukan Pendaftaran CPNS Dengan Cara Ini

Berita Kawasan

Hindari Server Down Saat Pendaftaran CPNS dengan Cara Ini

Seperti yang kita tahu Badan Kepegawaian Nasional (BKN) baru saja membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pada 11 November 2019. Masyarakat pun bisa langsung melakukan pendaftaran di laman sscn.bkn.go.id. Namun ternyata, tidak semudah itu untuk mengakses server resmi milik pemerintah tersebut. Bagi yang pernah mendaftar CPNS tahun sebelumnya mungkin pernah merasakan hal serupa. Sever di laman sscn.bkn.go.id beberapa kali sempat down atau tidak dapat diakses karena membludaknya minat masyarakat yang ingin menjadi PNS. Alhasil banyak yang kecewa dan mungkin gagal sebelum berhasil mengikuti tes CPNS.

[Baca Juga: Kemenkumham Siapkan 2.000 Formasi CPNS 2019 untuk Lulusan SMA]

Serupa dengan tahun lalu, nampaknya hal yang sama bakal terjadi pada tahun ini. Bahkan Plt Kepala Biro Humas BKN Paryono mengatakan, sedikitnya ada sekitar 20.000 masyarakat yang mengakses laman sscn.bkn.go.id pada hari pertama dibukanya pendaftaran CPNS. Meski begitu, kalian sudah harus bisa mengatisipasinya sejak jauh-jauh hari agar tidak terlambat ketika mendaftar. Seperti mengikuti cara-cara berikut ini:

1) Siapkan Sambungan Internet yang Cepat

Internet tentu menjadi hal yang paling penting, mengingat pendaftaran CPNS ini dilakukan dengan sistem online. Jika koneksi internet kalian tidak cepat, jangankan untuk mendaftar, masuk ke halaman depannya saja bisa membutuhkan waktu yang lama. Bahkan mereka yang memiliki internet di atas rata-rata pun banyak yang mengeluhkan sulitnya masuk ke laman sscn.bkn.go.id akibat banyaknya masyarakat yang juga ingin mendaftarkan diri sebagai CPNS.

[Baca Juga: Poin-poin Tes CPNS yang Harus Diperhatikan Agar Bisa Lolos]

2). Buka Situs Tengah Malam

Hal ini mungkin gampang dilakukan bagi orang-orang yang memang sudah terbiasa begadang hingga larut malam. Namun bagi orang yang terbiasa tidur di waktu normal seperti pukul 21.00 malam, butuh usaha lebih untuk melakukan cara ini. Setidaknya, membuka situs web pada malam hari bisa mengurangi lonjakan traffic di server sscn.bkn.go.id. Tentunya, semakin sedikit yang mengakses server tersebut, maka semakin besar peluang kita berhasil ketika melakukan pendaftaran.

Hindari Server Down Saat Melakukan Pendaftaran CPNS Dengan Cara Ini

3) Siapkan File Lamaran dengan Ukuran Kecil

Setelah yakin untuk mendaftar sebagai CPNS, pastikan juga bahwa file yang telah kalian persiapkan berukuran kecil. Kalian bisa menggunakan software untuk compresed file yang bisa kalian temukan di Internet. Hal itu untuk mempercepat proses unggahan berkas yang nantinya akan diminta pada saat pendaftaran di laman sscn.bkn.go.id. Maski berukuran kecil, namun pastikan juga berkas yang diunggah masih tetap bisa terbaca.

4) Tidak Mengulur Waktu Pendaftaran

Meski Pemerintah memberikan waktu 14 hari bagi para pelamar untuk mendaftar, namun usahakan sesegera mungkin kalian melakukan pendaftaran. Karena menurut Paryono, melihat tren beberapa tahun terakhir, jelang akhir penutupan lonjakan traffic yang mengakses situs BKN semakin tinggi. "Semakin mendekati tanggal 24 akan semakin banyak yang menyerbu situs," ujar Paryono.

Untuk diketahui, Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2019 dimulai pada 11 November 2019 sampai 24 November 2019. Ada 152.000 formasi yang pendaftarannya dilakukan secara online lewat situs resmi sscn.bkn.go.id.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.