Setengah Tahun Ini Lagu Penutup Album Menari dengan Bayangan Rilis Kala Pandemi

Hobi dan Hiburan

Hindia Tuntaskan Album Menari dengan Bayangan dengan Lagu Setengah Tahun Ini

Lagu "Setengah Tahun Ini" merupakan track ke-17 yang menuntaskan album pertama Hindia yang rilis Desember 2019 berjudul Menari dengan Bayangan. Video klip lagu yang diciptakan kala pandemi ini ditayangkan di YouTube Hindia pada 14 Juli 2020 menjelang tengah malam.

Selain video klip yang direkam dengan gaya tampilan layar televisi tabung yang jadul, diunggah pula rekaman perbincangan pencipta lagu, produser, dan vokalis Hindia Baskara Putra dengan penyanyi Kunto Aji dengan judul "Curi Dengar: Kunto Aji". Unggahan ketiga malam itu adalah voice note berjudul "Araksab Nagnajew" yang menjadi track ke-16 album Menari dengan Bayangan.

Setengah Tahun Ini Lagu Penutup Album Menari dengan Bayangan Rilis Kala Pandemi

Unggahan ketiga tersebut sama dengan tiga track voice note lain yang isinya merupakan wejangan Baskara. Namun kali ini rekaman suara Baskara Putra dibuat dalam versi reverse atau dibalik. Sama dengan judul track yang juga bisa dibaca terbalik agar bisa dimengerti.

Tentunya lagu yang diciptakan kala pandemi ini bercerita tentang setengah tahun awal dari 2020 di mata seorang Baskara Putra. Lagu penutup album pertama Hindia ini merangkum semuanya. Semua dalam arti tentang kejadian selama pandemi yang terpantau di media sosial (penanganan pandemi, cancle culture di media sosial, tribute untuk musisi legenda yang berpulang, dll.) dan juga merangkum perjalanan Hindia sebagai bentuk kreasi seorang Baskara Putra yang lepas dari band .Feast.

[Baca Juga: Ulasan Album Menari dengan Bayangan: Hindia Tidak Merayakan Kesedihan]

"Sebenarnya di tengah-tengah pandemi gue menulis cukup banyak lagu tapi nggak ada yang dengan tujuan spesifik. Sebulan yang lalu ngasih rekaman dengan gitar akustik dan vokal ke Rayhan [Noor]," cerita Baskara tentang awal penciptaan lagu Setengah Tahun Ini dalam konferensi pers yang digelar via Zoom yang diikuti PingPoint.co.id (15/7/2020).

Dari awal pembuatan album Menari dengan Bayangan, Baskara memang sudah menyimpan tempat untuk penambahan lagu penutup. "Layaknya film ada close ending credit. Lagu ini merangkum setengah tahun ke belakang. Apa yang gue rasakan," dia menjelaskan.

Baskara merasa album ini adalah proses menuai hasil dari yang dia tanam selama proses pembuatan album pertamanya.

Setengah Tahun Ini Lagu Penutup Album Menari dengan Bayangan Rilis Kala Pandemi

Mengenai waktu peluncurannya yang di tengah kondisi pandemi dan keterbatasan bertatap muka langsung dengan penggemar untuk mempromosikan lagu baru, Baskara mengatakan ini bukan pilihan mudah. "Kayanya bukan saat yang tepat. Kaya orangtua yang harus mengirim anak kuliah ke luar tapi sebenarnya belum siap," kata Baskara.

Rayhan Noor rekan Baskara menjadi produser dan mengisi gitar dalam lagu ini mengatakan banyak hal berbeda yang menjadikan track 17 ini menarik. "Pencapaian vokal Baskara bisa terdengar paling optimal di lagu ini. Bagian yang paling menarik adalah bagaimana syair lagu ini seperti ada dua. Setengah lagu terakhir, Baskara mengubah pandangannya jadi personal dari yang sebelumnya membicarakan isu-isu yang beredar selama pandemi," ujar Rayhan yang juga menjadi pembicara dalam konferensi pers tersebut.

[Baca Juga: Ulasan Album Lexicon: Makna Kejujuran dalam Kamus Isyana Sarasvati]

Saat ditanya tentang bagaimana bentuk Hindia di "era" selanjutnya, Rayhan menjelaskan, "Visinya akan lebih gado-gado lagi. Bakal mengambil referensi yang lebih luas. Dari demo yang ada udah keliatan."

Baskara pun menegaskan, dalam karya-karyanya di bawah nama Hindia, semangat yang dibawa adalah "Pop bisa dibawa ke mana lagi ya?"

Setelah eksporasi dalam album Menari dengan Bayangan ini ditutup, Baskara sudah siap dengan karya-karya baru yang akan diusung dalam album kedua Hindia. Dan jangan takut, di tengah pandemi pun Baskara dan teman-teman tetap produktif. Bukan karena produktif kala pandemi adalah keharusan, tapi mereka sudah terbiasa dengan bekerja dari rumah dengan modal minim, bahkan nol. Jadi, kita tunggu saja album kedua Hindia ya.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.