Hingga 19 September, Tengok Perkembangan Sejarah Kota Surabaya di Pameran I ni.jpg

Berita Kawasan

Hingga 19 September, Tengok Perkembangan Sejarah Kota Surabaya di Pameran Ini

Sejak akhir pekan kemarin, Alun-Alun Kota Surabaya tepatnya di basement Komplek Balai Pemuda menjadi lokasi pameran foto bertajuk Surabaya Lintas Masa. Kegiatan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Surabaya, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (Unair), serta komunitas sejarah seperti Begandring Soerabia dan Roodebrug Soerabia itu memamerkan berbagai foto, peta, hingga koleksi langka yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menengok sejarah perkembangan Kota Pahlawan.

Pameran yang digelar dari 3-19 September 2022 ini diresmikan pembukannya oleh Wali Kota Surabay Eri Cahyadi pada akhir pekan kemarin dan ia merasa antusias dengan gelaran Surabaya Lintas Masa. Menurutnya, pameran foto ini yang menunjukkan koleksi dari tahun 1600 hingga 1950-an alias pasca-Kemerdekaan RI ini dapat menjadi momen yang tepat untuk generasi muda belajar mengenai Kota Pahlawan.

Hingga 19 September, Tengok Perkembangan Sejarah Kota Surabaya di Pameran Ini.jpg

“Jadi dengan adanya pameran foto ini bisa menjadi media pembelajaran yang ke depannya bisa diterapkan di Sekolah Kebangsaan. Karena itu ke depannya juga akan diterapkan di sekolah-sekolah SD maupun SMP, sehingga anak-anak Surabaya tahu asal muasal di tempatnya lahir,” ungkap Eri Cahyadi, sebagaimana dikutip dari Surabaya.go.id (3/9/2022).

Dari sekian banyak objek yang dipamerkan, terdapat foto yang paling menarik perhatian orang nomor satu di Kota Surabaya itu. Di mana salah satunya adalah hasil jepretan area kota tua yang menunjukkan suasana di Jalan Cokelat serta Jalan Panggung di era dulu dan tentu saja komunitas sejarah hapal betul mengenai cerita bersejarah di balik berbagai jalan serta gedung di area itu. Oleh karena itulah, Eri memiliki agenda mendorong Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisitasa Kota Pahlawan agar bisa memberikan wadah bagi komunitas sejarah menjadi pemandu wisata untuk membantu pengunjung memahami berbagai sejarah di tempat-tempat tersebut.

[Baca Juga: Mulai 9 April, Pemkot Surabaya Gelar Pameran UMKM Virtual Pertama!]

Sebagaimana dilansir dari Unair.ac.id (3/9/2022), proses kurasi foto, peta, serta litrografi yang dipamerkan di Surabaya Lintas Masa disebut membutuhkan waktu sekitar dua bulan. Kurator pameran, Yayan Indrayana mengungkapkan bahwa banyak foto-foto yang dipamerkan ini bisa diunduh di internet tapi membutuhkan proses ketelitian dalam mengurasinya demi memastikan apa yang dipamerkan memang bisa menggambarkan perkembangan kawasan Kota Pahlawan dari masa ke masa.

“Kita bisa mengetahui apa yang bergeser, berubah, atau bahkan tetap dari cara berbusana masyarakat Surabaya. Juga peralatan hidup masyarakat seperti lampu, buku, alat memasak, bentuk rumah, kampung, serta praktik sosiokultural pada masa itu,” tambah Koordinator SDGs FIB Unair Kukuh Yudha Karnanta.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.