Hingga 29 November, Jobfair Virtual Digelar di Kota Jogja - Copy.jpg

Bisnis

Hingga 29 November, Job Fair Virtual Digelar di Kota Jogja

Efek pandemi COVID-19 dari sisi dampak ekonominya saat ini masih terus membayangi dengan tak sedikit masyarakat yang tetap kesulitan mencari pekerjaan. Di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, Kota Yogyakarta masuk ke dalam wilayah yang tercatat tertinggi dari sisi Tingkat Pengangguran Terbuka atau TPT-nya. Di mana angkanya mencapai 7,18 persen dan ini tentu saja tak membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja berdiam diri.

Langkah yang dipilih untuk Pemkot Jogja membantu para jobseeker di wilayahnya mendapatkan kesempatan bekerja adalah dengan digelarnya job fair virtual. Berbeda dengan bursa tenaga pekerjaan pada umumnya, job fair ini digelar terbilang panjang waktunya. Pasalnya, job fair ini digelar mulai dari 15-29 November 2022 dan karena diadakan secara daring maka para jobseeker tak perlu ramai-ramai ke suatu lokasi untuk melamar pekerjaan.

Hingga 29 November, Job Fair Virtual Digelar di Ko ta Jogja - Copy.jpg

Berdasarkan penjelasan dari Substansi Koordinator Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta Sunarto, setidaknya sudah ada 55 perusahaan yang ikut dalam bursa tenaga kerja ini dan tak kira-kira, terdapat 3.914 lowongan yang dibuka untuk masyarakat Jogja. “Salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Kota Yogyakarta dengan memberikan informasi terkait pekerjaan kepada masyarakat. Mudah-mudahan job fair virtual ini dapat menurunkan angka pengangguran atau pencari kerja di Kota Yogyakarta,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari Warta.Jogjakota.go.id (15/11/2022).

Terkait tingkat pengangguran di Kota Gudeg, Sunarto mengungkapkan bahwa angkanya terbilang tinggi di tahun ini tapi lebik baik bila dibandingkan tahun lalu. Pengangguran mulai meningkat di tahun 2021 yang mencapai 5.626 dan ia menegaskan, pandemi menjadi pemicunya. Lalu di tahun 2022 terdapat titik terang dan sedikit turun menjadi 3.839 orang tapi ini tak lebih baik dari tahun 2019 yang angka penganggurannya tercatat ada 3.104 orang.

[Baca Juga: Aplikasi Job Fair Active Tekan Angka Pengangguran di Malang]

Oleh karena itulah Pemkot Yogyakarta sangat berharap, job fair virtial ini dapat menjadi solusinya. Dari mulai perusahaan BUMN PNM, Alfamidi, Indomaret, Fave Hotel, hingga Cokelat Monggo masuk ke dalam perusahaan yang membuka lowongannya di sini. Cara melamar pekerjaannya pun terbilang mudah, Anda tinggal pindai QR Code pada gambar di atas atau langsung masuk ke laman jobjair.jogjakota.go.id.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.