Hingga Akhir Tahun 2022, Amartha Sukses Salurkan Rp10 Triliun ke UMK M.jpg

Bisnis

Hingga Akhir Tahun 2022, Amartha Sukses Salurkan Rp10 Triliun ke UMKM

Perusahaan fintech PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha dari awal pendiriannya hingga saat ini masih terus berupaya merealisasikan visinya dalam rangka memajukan para perempuan pengusaha UMKM, khususnya di ranah ultra mikro. Hal ini dilakukan melalui pelayanan keuangan inklusif dengan memudahkan ibu mitra Amartha dalam mengakses permodalan. Amartha baru-baru ini merilis data penyaluran modalnya yang ternyata hingga 31 Desember 2022 telah mencapai angka lebih dari Rp10 triliun dan telah disalurkan ke lebih dari 1,4 juta pelaku usaha ultra mikro di Tanah Air yang terjangkau wilayah operasional Amartha.

Rilis data ini juga dilengkapi dengan bagaimana performa Amartha di tahun 2022 yang ternyata menunjukan tren yang sangat positif dari sisi bisnisnya. Dengan pertumbuhan year-on-year yang diklaim mencapai 2x lipat dibandingkan tahun 2021, yakni sekitar 93 persen. Di sisi lain, perusahaan fintech ini mengungkapkan dari sisi pinjaman ibu mitranya juga menunjukan sisi yang positif, karena dari sisi non performing loan tetap berada di angka 0,5 persen.

Hingga Akhir Tahun 2022, Amartha Sukses Salurkan Rp10 Triliun ke UMKM.jpg

“Amartha bersyukur atas pencapaian penyaluran modal 10 triliun rupiah kepada lebih dari 1,4 juta pelaku usaha ultra mikro di Indonesia. Pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi strategis dengan berbagai stakeholder, mulai dari perbankan hingga kerja sama embedded finance dengan platform teknologi seperti eFishery. Kolaborasi seperti inilah yang menjadi kunci pertumbuhan bagi Amartha supaya dapat terus mengakselerasi inklusi keuangan bagi segmen yang lebih masif di masa yang akan datang,” ujar Founder sekaligus CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (9/1/2023).

[Baca Juga: Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital]

Pada rilis tersebut, Amartha juga tak lupa memaparkan strateginya di tahun 2023 yang dibayangi ancaman krisis global. Namun Andi tetap positif terhadap kemampuan perkembangan UMKM di Tanah Air di tengah isu tersebut. Di mana hal ini akan didukung oleh Amartha melalui penguatan kolaborasi dengan berbagai stakeholder serta menguatkan layanan keuangan inklusifnya bagi para mitranya.

“Tantangan ekonomi makro mungkin memberi dampak yang cukup signifikan bagi berbagai sektor usaha skala besar. Namun, sektor UMKM justru memiliki resiliensi yang kuat di tengah tantangan ekonomi global. Pangsa pasar UMKM umumnya berskala lokal, sehingga performanya bisa lebih stabil. Ini pula yang membuat mitra perbankan yakin untuk mendiversifikasikan portofolionya ke sektor UMKM lewat Amartha,” tambah Taufan.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.