Hobi Sejak Belia, Ali Jadikan Ikan Cupang Ladang Dulang Rupiah

Bisnis

Hobi Sejak Belia, Ali Jadikan Ikan Cupang Ladang Dulang Rupiah

Tidak sedikit para entrepreneur yang menjadikan hobinya sebagai inspirasi awal mereka untuk memulai bisnisnya. Ada yang gemar kuliner, kemudian memilih membuka kedai makanan atau restoran, hingga ada yang gemar dunia cosplay dan memiliki pengetahuan mengenai foto kemudian memilih membuka bisnis fotografi untuk para cosplayer. Hal yang serupa juga dialami oleh Ali. Pasalnya semenjak belia, Ali sudah hobi memelihara dan berternak ikan cupang yang akhirnya memicunya menjadi seorang pengusaha.

“Sebenarnya saya bermain ikan cupang itu dari SMP cuman dulu cupang aduan, sekarang saya larinya ke cupang hias,” kata Ali kepada PingPoint.co.id di kepada PingPoint.co.id pada Pameran dan Kontes Ikan Hias 2019 di Mal Plaza Kalibata, Jalan Raya Kalibata No.141, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan (1/8/2019).

Hobi Sejak Belia, Ali Jadikan Ikan Cupang Ladang Dulang Rupiah

Pria yang turut tergabung dalam komunitas Peternak Cupang Duren Sawit, Jakarta Timur, itu menyebut bahwa ia mengembangbiakkan beragam jenis ikan cupang yang banyak diminati oleh pasar ikan hias di Ibu Kota. “Ada cupang jenis halfmoon, serit, plakat, ada giant. (Tapi) yang paling banyak dicari untuk sekarang itu plakat sama giant,” jelasnya.

[Baca Juga: Pengusaha Ikan Hias Jakarta Diajak Incar Pasar Internasional]

Sekadar informasi, cupang plakat merupakan jenis ikan hias cupang yang memiliki sirip serta ekor yang pendek. Ikan cupang ini biasanya dikategorikan sebagai jenis ikan hias aduanya karena memiliki temperamen yang cenderung lebih cepat emosi saat bertemu dengan ikan cupang jenis lainnya. Sedangkan cupang giant, pada dasarnya ikan cupang yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan ikan cupang pada umumnya. Bayangkan saja, ikan cupang normal berukuran maksimal sekitar 5 cm sedangkan cupang giant bisa berukuran hingga lebih dari 11 cm.

Hobi Sejak Belia, Ali Jadikan Ikan Cupang Ladang Dulang Rupiah

Walaupun ikan hias ini memiliki ukuran yang cenderung mungil dibandingkan ikan lainnya, hewan peliharaan ini dapat memiliki harga yang tinggi dan menjadi penghasilan untuk Ali sebagai pengusaha ikan cupang. “Harganya tergantung jenis, warna, dan form juga. Harganya dari Rp50.000 sampai Rp500.000, paling mahal giant murni yang ukurannya di atas BO (Body Only atau ukuran tubuh ikan cupang dengan ekor tidak dihitung) lima,” ungkapnya.

[Baca Juga: Depok Serius Budidayakan Ikan Cupang]

Menurutnya, modal usaha untuk menjadi pengusaha ikan cupang pun tidak terlalu besar. Bahkan Ali menyebut, dengan modal Rp50.000, Anda sudah bisa membeli indukan ikan cupang sepasang untuk dikembangbiakkan. Namun, ia menegaskan bahwa Anda juga harus hobi juga untuk menjadi pengusaha ikan cupang agar tidak merasa rugi ketika ikan-ikannya sakit atau saat bibit anakan ikan cupangnya mati.

“Saya pernah pakai uang istri untuk modal Rp4.000.000, enggak sampai dua minggu, sudah balik duit-nya. Sebenarnya di atas saya ada yang omzetnya bisa puluhan juta sehari. Saya pernah survei ke peternak lain, dia sekali ngeluarin (menjual) sampai 11.000 ekor dan misalnya dikali harga borongan per ekor Rp2.500, itu aja sampai puluhan juta,” tambah Ali.


Read More

Artikel Lainnya

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidi o.jpg

Hobi dan Hiburan

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidio

30 June 2022, 13:12

: Bagi Anda penggemar komedi Tanah Air, maka bersiaplah untuk menyaksikan serial Suka Duka Berduka yang diperankan bintang papan atas Indonesia yang mulai tayang pekan depan di Vidio.

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 202 2.jpg

Berita Kawasan

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 2022

30 June 2022, 11:09

Akhir pekan ini, Stadion Patriot Bekasi akan menjadi saksi gelaran perdana timnas di Piala AFF U-19 2022.

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.


Comments


Please Login to leave a comment.