Homestay Kepulauan Seribu Bersiap dalam Penerapan PSBB Transisi

Berita Kawasan

Homestay Kepulauan Seribu Bersiap dalam Penerapan PSBB Transisi

Provinsi DKI Jakarta sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi pada pertengahan Juni lalu. Dengan pelonggaran PSBB, wilayah kabupaten yang mengandalkan pariwisata ini pun mulai bersiap menyambut wisatawan. Salah satu yang dilakukan adalah dengan disinfeksi homestay.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kepulauan Seribu melakukan penyemprotan cairan disinfektan terhadap ratusan homestay milik warga Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara. Ketua PMI Kepulauan Seribu, Natsir Sabara mengatakan, pihaknya mengerahkan lima relawan dibantu tim kesehatan, kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan Gugus Tugas Pulau Aman untuk melakukan penyemprotan ke tiap-tiap homestay.

Homestay Kepulauan Seribu Bersiap dalam Penerapan PSBB Transisi

"Sebanyak 133 homestay di Pulau Harapan disemprot, dan menghabiskan 60 liter cairan disinfektan," kata Natsir Sabara seperti dilansir dari pulauseribu.jakarta.go.id (1/7/2020).

Sementara itu, Lurah Pulau Harapan Adi Apandi mengatakan, penyemprotan ke beberapa homestay milik warga perlu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. "Meski sampai saat ini Pulau Harapan belum menerima kunjungan wisata, namun upaya penyemprotan terus dilakukan agar kesiapan penerimaan wisatawan betul-betul sangat matang," pungkasnya.

[Baca Juga: Pemkab Kepulauan Seribu Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Anak]

Pelaksanaan PSBB Transisi juga terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, termasuk meningkatkan pengawasan di lapangan yang melibatkan petugas. Hal itu dilakukan Pemkab Kepulauan Seribu dengan menyelenggarakan Apel Pencanangan Perkuatan Petugas PSBB Masa Transisi di Taman Arsa, Pulau Untung Jawa pada 30 Juni 2020.

Homestay Kepulauan Seribu Bersiap dalam Penerapan PSBB Transisi

“Penerapan PSBB Transisi harus terus dilaksanakan dan ditingkatkan. Untuk itulah Pemkab Kepulauan Seribu akan selalu melanjutkan pengawasan PSBB Transisi, yang tujuannya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk penerapan protokol kesehatan,” kata Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi usai memimpin apel.

Junaedi menjelaskan, meski Kepulauan Seribu aman, namun tetap waspada serta namun tidak panik, karena salah satu cara melawan COVID-19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan.

[Baca Juga: Sampah Kiriman Menumpuk di Sejumlah Dermaga Kepulauan Seribu]

“Jadi protokol kesehatan harus dilakukan, seperti cuci tangan, menggunakan masker, jaga jarak, jaga pola hidup sehat. Dan Pemkab Kepulauan Seribu akan melakukan tindakan tegas kepada pemilik homestay yang tidak mengikuti peraturan kesehatan, termasuk juga kepada para pendatang yang akan melakukan kunjungan,” tegas Junaedi.

Tercatat dalam kegiatan apel yang dihadiri ASN, Satpol PP, TNI, Polri dan pemandu wisata ini, dilakukan penyematan tanda pengawas PSBB yang melibatkan ASN Pemkab Kepulauan Seribu.

Read More

Artikel Lainnya

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaran Ujian SMUP Unpad .jpg

Pendidikan

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaraan Ujian SMUP Unpad

10 August 2020, 15:07

Dirjen dari Kemendikbud RI menyempatkan diri untuk melihat langsung proses ujian SMUP Unpad yang digelar secara daring.

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021

10 August 2020, 14:00

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Risma menggelar sidak demi memasikan rampungnya stadion yang nanti jadi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai jadwal.

Sejarah dan Makna 5 Lomba Agustusan Sebagai Bentuk Perayaan Kemerdekaan

Berita Kawasan

Sejarah dan Makna 4 Lomba Agustusan, Bentuk Perayaan Kemerdekaan

10 August 2020, 13:03

Setelah intensitas perang kemerdekaan menurun dan Ibu Kota kembali dipindah ke Jakarta, perayaan kemerdekaan pun berlangsung meriah dengan mengadakan banyak lomba Agustusan.

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

Kesehatan

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

10 August 2020, 12:05

Orang dengan COVID-19 yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko komplikasi serius dan kematian.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month, 1 week lalu
    anisa

    merasa bosan #dirumahaja dan ga bisa kemanamana?di masa2 pandemi covid-19 ? lsg cari atau search di google aja QQHARIAN Dan Dapatkan Promo atau Hadiahnya yang Wow dan Ternyala guys.