Hore Pesawat Pengangkut Alkes Asal Tiongkok Telah Tiba

Berita Kawasan

Hore! Pesawat Pengangkut Alkes Asal Tiongkok Telah Tiba

Pandemi COVID-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan kasus. Data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencatat jumlah kasus menjadi 579, 30 orang sembuh, dan 49 orang meninggal dunia per 23 Maret.

Pemerintah telah jemput bola ke Tiongkok dalam rangka pembelian 9 ton alat kesehatan (Alkes). Pesawat bernomor registrasi A-1333 yang dikemudikan Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Suryo telah lepas landas dari Lapangan Udara Abdulrachman Saleh, Jawa Timur pada Sabtu pagi 21 Maret 2020.

Hore Pesawat Pengangkut Alkes Asal Tiongkok Telah Tiba

Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayor Jendral (Mayjen) Sisriadi mengatakan pesawat Hercules C-130 yang membawa alat kesehatan (alkes) dari China mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (23/3/2020). “Mendarat di Halim Perdana Kusuma," bebernya sebagaimana diberitakan cnnindonesia (23/3/2020).

Diberitakan cnnindonesia.com Pesawat yang mengangkut sembilan ton alat kesehatan, berisikan disposable Mask, N95 mask, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, langsung disterilkan. Dikhawatikan pesawat membawa virus dari Tiongkok.

[Baca Juga: Aman Ikut Aksi Hari Perempuan Internasional dengan Alat Pelindung Diri]

Di Halim, Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Muhammad Yuris, mengatakan pesawat, awak, serta barang bawaan akan disemprot disinfektan. "Kami harus menerapkan sejumlah prosedur berdasarkan protokol kesehatan WHO terhadap kru, pesawat, dan barang bawaan agar terhindar dari potensi terbawanya COVID-19 dari Tiongkok. ujar Yuris, Senin (23/3/2020). Nantinya, awak pesawat juga akan menjalani isolasi selama 14 hari. "Termasuk, melakukan isolasi terhadap kru pesawat untuk diobservasi kesehatannya," katanya.

Sekadar informasi, rasa was-was dengan persediaan alat pelindung diri (APD) di sejumlah fasilitas kesehatan dan rumah sakit tersebut yang mulai menipis. Padahal saat ini, APD tersebut dibutuhkan saat sedang merawat beberapa pasien terinfeksi COVID-19.

[Baca Juga: Gandeng Minimarket, Uni-Charm Siap Luncurkan Produk Masker]

Minimnya, ADP ini juga diamini oleh Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadhilah. Ia mengatakan alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan yang merawat pasien Virus Corona SARS-CoV-2, mulai mengalami kelangkaan. Hal ini, kata dia, khususnya terlihat di rumah sakit-rumah sakit non rujukan Virus Corona.

Kondisi tersebut yang membuat pemerintah pusat untuk mengimpor alkes sekaligus mengirimkan tim penjemput alkes. “Untuk rumah sakit-rumah sakit lain terutama di UGD, kamar operasi dan ruang-ruang khusus, dikarenakan kelangkaan APD, dihemat menjadikan standar kualitasnya tidak sesuai. Misalkan masker yang dipakai lebih lama dari seharusnya,” kata Harif.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.