Anjani 2.jpg

Kecantikan dan Fashion

Menelusuri Nilai Bantengan Khas Kota Batu di Galeri Batik Anjani Binangun

Berbicara tentang batik sama dengan menelaah nilai-nilai tradisi Indonesia yang divisualkan. Salah satu visualisasi itu misalnya tampak pada Batik Bantengan Khas Kota Batu yang secara edukatif dipamerkan dan dijual di Galeri Batik Anjani. Galeri tersebut melayani pelatihan batik cap dan tulis baik untuk pelajar atau siapa saja yang nantinya pengen membuka usaha batik. Tentu saja, untuk kalangan pelajar, dengan sifatnya yang eksplorasi kultural, paket pelatihan per siswa hanya dibandrol harga Rp100.000. Sementara itu, bagi perencana bisnis akan ada proses negosiasi terlebih dahulu tergantung kebutuhan produksinya nanti seperti apa.

Dalam kegiatan edukasi tentang batik tersebut peserta akan diajak mengenal batik dari segi sejarah, norma kultural, sampai nilai-nilai estetik dalam setiap guratan warnanya. Dalam konsep sejarah mitologis, Banteng termasuk dalam medan bentuk dari lembu. Dewa Shiwa adalah pemelihara dan pengendara lembu. Jika diurut dari sejarah para Brahmana di zaman kerajaan Singosari yang menuembah Dewa Shiwa, dari situlah salah satu estitak Batik Bantengan dimunculkan.

Anjani 1.jpg

Dalam hal norma kultur, banteng memiliki kekokohan layaknya gunung. Hal ini selaras dengan Kota Batu yang dikelilingi oleh empat gunung besar, yakni Gung Arjuno, Gunung Kawi, Gunung Van der Man, dan meskipun agak jauh ada Gunung Semeru. Keberadaan norma kultur ini sekaligus menjadi simbol kekokohan solidaritas masyarakat Kota Batu, dan secara umum Malang Raya. Hal ini disebabkan Kota Batu sendiri masih memiliki ikatan sejarah dengan Kota dan Kabupaten Malang.

Kedua hal di atas diikat oleh nilai estetika yang direfleksikan dari kehidupan masyarakat Desa Binangun yang bercengkrama dengan wilayah kaki gunung Arjuno, dan secara umum seluruh masyarakat Kota Batu.

Selain sebagai ruang pendidikan dan pelatihan tentang Batik Bantengan, Galeri Batik Anjani menjual kain batik tulis dan cap juga. Untuk per meter batik cap yang diproduksi Galeri Anjani dibandrol dengan harga mulai dari Rp145.000 per meter. Sementara batik tulisnya bisa sampai Rp3.000.000 per meternya.

"Tempat mudah dijangkau. Tempatnya bagus banget. Pelayanan ramah. Ada aneka motif batik namun dengan ciri khas Bantengan. Ada batik tulis dan cap dengan harga yang bervariasi. Melayani edukasi batik siswa pelajar maupun mahasiswa dan komunitas lainnya dengan harga paket yangg sangat terjangkau", terang Heny, salah satu peserta pelatihan di Galeri Batik Anjani.


Read More

Galeri Batik Anjani

Sebuah galeri yang memberikan ruang ekspo, pelatihan, dan outlet penjualan Batik Bantengan Khas Kota Batu.

None
None

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.