Hujan Guyur Jakarta di Akhir Pekan, Underpass Kemayoran Kembali Banjir

Berita Kawasan

Hujan Guyur Jakarta di Akhir Pekan, Underpass Kemayoran Banjir Lagi

Pada akhir pekan kemarin, wilayah Ibu Kota sempat dibayangi awan hitam yang memicu turunnya hujan dalam jangka waktu yang terbilang lama. Akibat kondisi cuaca ini, tak ayal sejumlah wilayah di Jakarta pun sempat digenangi air banjir. Namun yang terparah adalah yang terlihat di Underpass Gandhi Kemayoran atau underpass Kemayoran Jakarta Pusat. Pasalnya, banjir menutupi jalan tersebut dengan ketinggian air yang bahkan sempat mencapai angka empat meter.

Ini bukan kali pertama jalan underpass itu mengalami kebanjiran. Mengingat tergenangnya, underpass Kemayoran hanya berselang sekitar satu pekan usai jalur tersebut dapat kembali digunakan setelah sempat digenangi air banjir. Kejadian ini pun langsung memicu lumpuhnya jalur tersebut dan membuat pengalihan lalu lintas sementara hingga menunggu airnya surut.

Setelah Tergenang Banjir, Underpass Kemayoran Akhirnya Sudah Bisa Digunakan

Pengalihan ini mulai dilakukan pada 2 Februari 2020 dengan Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Perhubungan Kecamatan Kemayoran Togatorop yang mengerahkan 15 personelnya. Menurutnya, arus lalu lintas di underpass Kemayoran ditutup sehingga masyarakat yang akan melaluinya dengan kendaraan bermotor akan diarahkan untuk menggunakan jalur alternatif. Di mana Anda yang bergerak dari arah selatan akan diminta berbelok ke HBR Motik. Sedangkan yang dari arah utara akan dialihkan ke arah Wisma Atlet.

[Baca Juga: Setelah Tergenang Banjir, Underpass Kemayoran Kembali Bisa Digunakan]

Berselang beberapa jam setelah pengalihan itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta langsung bergerak bersama dengan otoritas Kemayoran untuk berusahan menangani banjir di underpass Kemayoran. Di mana petugas gabungan yang berasal dari Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), serta Pusat pengelola Kawasan (PPK) Kemayoran terus berusaha mengerahkan pompa mobile untuk menyedot air banjir.

“Total pompa mobile dikerahkan ada 15, dari dinas Gulkarmat lima unit, Dinas SDA lima unit, PPK Kemayoran dua unit, dan Kementerian PUPR tiga unit. Air dibuang ke drainase sepanjang Apartemen Mediterania yang bemuara ke Dunia Sunter,” ucap Kepala Peleton Sektor VI Kecamatan Kemayoran Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat Mulandono, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (2/2/2020).

[Baca Juga: Sejak Banjir Jakarta, Chef William Gozali Tekan Konsumsi Daging]

Penanganan banjir di underpass Kemayoran sendiri sebenarnya bisa dikatakan terbilang pelik. Dengan banyak pihak yang saling tunjuk terkait siapa yang memiliki otoritas untuk menanganinya. Sebagaimana dilansir dari liputan6.com (3/2/2020) Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah menyebut, underpass Kemayoran yang banjir sebenarnya menjadi tanggung jawab dari PPK Kemayoran dengan pihak Pemprov DKI yang turut berpartisipasi.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88,net <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>