Humba Dreams Karya Riri Riza Tayang di Netflix Juli 2020

Hobi dan Hiburan

Humba Dreams Karya Riri Riza Tayang di Netflix Juli 2020

Humba Dreams merupakan karya sutradara kawakan Riri Riza yang semula akan tayang terbatas di bioskop Indonesia setelah berkeliling di sejumlah festival internasional. Film yang berupa visualisasi rangkuman catatan Riri tentang Sumba Timur itu akhirnya dapat disaksikan penonton Indonesia dan Asia Tenggara di platform streaming film Netflix.

Penayangan terbatas di bioskop itu urung terlaksana lantaran pandemi COVID-19 yang melanda sejak Maret 2020. Distribusi melalui Netflix membantu film ini untuk menjangkau penonton lebih luas. "Kabar baik datang dari Netflix yang ingin menayangkan Humba Dreams secara eksklusif untuk wilayah Asia Tenggara di layanan streaming mereka," terang produser Mira Lesmana dalam keterangan resmi yang PingPoint.co.id (27/6/2020).

[Baca Juga: Ulasan Film Netflix: Gambaran Dunia Usai Pandemi dalam Time to Hunt]

Mira melanjutkan, distribusi film juga dilakukan ke beberapa komunitas film di Indonesia. Sehingga sineas dapat bertemu langsung dengan penonton dan melakukan diskusi seputar film.

Dalam Humba Dreams bercerita tentang mahasiswa sekolah film di Jakarta bernama Martin yang diperankan J. S. Khairen yang pulang ke kampung halaman di Sumba tanpa rencana, karena diminta pulang oleh keluarganya.

Martin bertemu dengan Anna yang diperankan oleh Ully Triani, perempuan Sumba yang hidupnya kesepian. Martin menyadari kesendirian Anna yang menanti suami, perlu ditemani. Pertemuan Martin dengan Anna membuatnya cukup betah untuk sejenak berada di Sumba.

Humba Dreams Karya Riri Riza Tayang di Netflix Juli 2020

Humba Dreams merupakan buah kegelisahan Riri Riza atas hal-hal praktis di era digital sekarang. Melalui Martin, penonton diajak kembali menemui memorabilia serta medium penyimpan kenangan seperti buku, lembaran foto, dan film seluloid.

"Saya merasa ada yang hilang di era digital sekarang ini. Begitu banyak hal yang terlalu mudah direkam, dibagikan, tetapi cepat dilupakan. Di Sumba saya menemukan kembali yang hilang itu," terang Riri Riza.

Karya Tentang Nusantara

Humba Dreams juga menjadi perpanjangan tradisi Miles Films melahirkan karya dari nusantara. "Setelah Timor, Sulawesi, dan berbagai tempat lain, saya menyuarakan Sumba dalam Humba Dreams," kata Riri Riza.

Film Humba Dreams dapat disaksikan di Netflix mulai 9 Juli 2020. Sejumlah film produksi Miles Films juga masuk dalam koleksi Netflix seperti Ada Apa Dengan Cinta 1 dan 2, Athirah, Gie, Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Sokola Rimba, serta Pendekar Tongkat Emas yang bakal tayang di Netflix 16 Juli 2020.

[Baca Juga: Pantengin 13 Film Box Office Indonesia yang Bakal Tayang di Netflix]

Film Humba Dreams memenangkan CJ Entertainment Award dalam Asian Project Market (APM) Busan International Film Festival ketika masih dalam tahap ide cerita pada 2017. Humba Dreams kemudian melakukan World Premiere di Shanghai International Film Festival pada Juni 2019.

Perjalanan Humba Dreams berlanjut ke lima kota besar dalam festival dan komunitas film di antaranya Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF), Japanese Film Festival (Japan Foundation), dan Kineforum. Humba Dreams juga menjadi bagian dari pameran seni tahunan ARTJOG 2019, lalu meraih predikat film terbaik kategori Film Independen Non-Bioskop Reguler Terpilih dalam Piala Maya 2019.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov Jabar Sudah Ambil Puluhan Ribu Sampel Swab Test COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemprov Jabar Sudah Ambil Puluhan Ribu Sampel Swab Test COVID-19

03 July 2020, 17:00

Pemprov Jabar mengumumkan sudah mengambil lebih dari 70.000 sampel swab test COVID-19 dalam usaha mengejar standar minimal WHO.

Indonesia-dan-WHO-Kerja-Sama-Studi-COVID-19.jpg

Kesehatan

Sinergi Indonesia dan WHO Untuk Lakukan Studi COVID-19

03 July 2020, 15:00

Berpartisipasi dalam studi internasional ini adalah cara untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai COVID-19.

Jadi Alumni ILVP, Ini yang Dibawa Dahlan Iskan ke Indonesia.jpg

Pendidikan

Jadi Alumni ILVP, Ini yang Dibawa Dahlan Iskan ke Indonesia

03 July 2020, 14:00

Ternyata aspek modernisasi di media pada era Orde Baru didorong Dahlan Iskan usai ia mengikuti program ILVI ke Amerika Serikat.

Hanya Dalam 4 Menit! Realme C11 Terjual 10.000 Unit .jpg

Bisnis

Hanya Dalam 4 Menit! Realme C11 Terjual 10.000 Unit

03 July 2020, 13:45

Tampaknya penjualan realme C11 berhasil jadi kesuksesan untuk realme Indonesia karena kurang dari lima menit, sudah ada 10.000 unit ponsel pintar ini yang terjual.


Comments


Please Login to leave a comment.