HUT ke-266 Jogja, Sekati Ing Mall Digelar di 3 Lokasi.jpg

Bisnis

HUT ke-266 Jogja, Sekati Ing Mall Digelar di 3 Lokasi

Setelah sukses digelar di Tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali menggelar event pasar industri kreatif bertajuk Sekati Ing Mall di momen Hari Ulang Tahun ke-266 Kota Yogyakarta. Di mana untuk tahun ini digelar di tiga lokasi pusat perbelanjaan yang terdiri dari Plaza Malioboro, Galeria Mall, dan lippo Plaza dengan melibatkan sekitar 80 pengusaha IKM asal Kota Gudeg. Tentu saja kegiatan ini disebut menjadi bagian dari upaya Pemkot Yogyakarta untuk membantu pemulihan roda ekonomi di Jogja melalui UMKM-nya.

Sekati Ing Mall mulai dibuka pada 5 Oktober kemarin dan akan terus berlangsung hingga 10 Oktober 2022 dengan kick-off­ di Galeria Mall melalui aksi arak-arakan bergodo dengan berbagai produk UMKM. Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi merespons positif dengan gelaran ini mengingat memang kegiatan ini untuk membantu pemasaran dari berbagai produk UMKM di Kota Yogyakarta apalagi ini sesuai dengan tema HUT ke-266 Kota Yogyakarta , yaitu Sulih, Pulih, Luwih.

HUT ke-266 Jogja, Sekati Ing Mall Digelar di 3 Lokas i.jpg

“Yang bagi para pelaku IKM mencerminkan adaptasi untuk terus berupaya bangkit dan sembuh dari terpaan pandemi COVID-19,” tutur Sumadi, sebagaimana dikutip dari Warta.Jogjakota.go.id (6/10/2022).

Semarak Sekati Ing Mall 2022 juga terlihat di Plaza Malioboro yang memang menjadi pusat perbelanjaan paling populer bagi wisatawan serta anak muda Jogja yang tengah berkunjung ke kawasan Malioboro. Di mana di pusat perbelanjaan ini terdapat sekitar 40 UKM kerajinan serta fashion yang hadir untuk memamerkan produk-produknya. Asisten Perekonomian Pembangunan Setda Kota Yogyakarta Kadri Renggono yang membuka Sekati Ing Mall di Plaza Malioboro memaparkan apa makna di balik kata Sulih Pulih Luwih yang selaras dengan penyelenggaraan event ini.

[Baca Juga: Rayakan HUT ke-264 di Tengah Pandemi, Ini yang Dilakukan Pemkot Yogya]

“Pertama adalah Sulih, yaitu kemampuan kita beradaptasi akan perkembangan zaman, terutama setelah pandemi COVID. Kedua adalah Pulih, yaitu masa penyembuhan setelah dua tahun agar saat memasuki masa new normal kita punya strategi yang jelas, kuat dan maksimal untuk melangkah lebih jauh. Ketiga adalah Luwih, yaitu setelah mampu beradaptasi dan memasuki keadaan normal, kita harus bisa melangkah dua kali lebih cepat dari sebelumnya,” paparnya.

Lokasi terakhir dalam Sekati Ing Mall di tahun ini adalah di Lippo Plaza dengan fokusnya adalah festival kuliner dan setidaknya ada 10 UMKM yang membuka stand di pusat perbelanjaan tersebut selama event ini. Kuliner yang dijajakan pun ada beragam dan tak fokus hanya pada masakan Jawa semata. Dari mulai siomay, dimsum, jus buah, pasta, aneka jamu, sampai sego soun bisa ditemukan di sini. Untuk semakin menyemarakan acara di Lippo Plaza Yogyakarta ini juga turut dihadirkan pertunjukan seni dan kerajinan tangan khas Jogja yang ternyata terbilang populer diincar pengunjung.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.