HUT ke-494 DKI Jakarta, Pemkot Jakarta Timur Terima 494 Bibit Pohon Bambu Apust.jpg

Berita Kawasan

HUT ke-494 DKI, Pemkot Jakarta Timur Terima 494 Bibit Bambu Apus

Pada 22 Juni 2021, DKI Jakarta merayakan Hari Ulang Tahunnya atau HUT ke-494 dan perayaan ini tak hanya digelar di tingkat pemerintah provinsi, di tingkat pemerintah kota (Pemkot) turut memperingatinya dengan cara masing-masing. Dalam momen ini Pemkot Jakarta Timur mendapatkan pemberian yang terbilang unik dari Kerukunan Tani Perkotaan Jakarta atau KTPJ. Pasalnya, mereka menyalurkan bibit pohon bambu apus kuning yang jumlahnya sesuai dengan usia DKI Jakarta saat ini.

Penyaluran bantuan ini digelar Selasa kemarin di lobi Ruang Serbaguna Blok A Kantor Wali Kota Jakarta Timur. Di mana Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar dan Wakil Wali Kota Jakarta Timur Hendra Hidayat hadir untuk menerima langsung secara simbolik bibit pohon bambu apus darii Ketua KTPJ Wildan S. Niam.

HUT ke-494 DKI Jakarta, Pemkot Jakarta Timur Terima 494 Bibit Pohon Bambu Apus.jpg

“Bantuan 494 pohon bambu apus kuning ini diberikan sesuai dengan angka ulang tahun Kota Jakarta yang ke-494,” tutur orang nomor satu di Jakarta Timur tersebut, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (22/6/2021).

Anwar melanjutkan, pihaknya sudah memiliki rencana di mana ratusan pohon bambu apus itu akan ditanam, yaitu di kelurahan yang memiliki nama serupa. Sesuai namanya, Kelurahan Bambu Apus akan semakin khas dengan penambahan pohon-pohon tersebut dan menurut Wali Kota Jakarta Timur, bantuan ini sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait menumbuhkan ciri khas Betawi sekaligus menunjukkan kolaborasi bersama antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun kota.

[Baca Juga: Kawan Lama Foundation Berhasil Bagikan 1 Juta Bibit Pohon!]

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kontribusi kepada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dengan harapan kedepannya bisa terus berkolaborasi dan bersinergi. Karena kita Kota Jakarta Kolaborasi, diharapkan dapat membangun Kota Jakarta lebih baik demi mewujudkan Maju Kotanya, Bahagia Warganya,” imbuh Anwar.

Sekadar informasi, bambu apus atau bambu tali memang tak bisa dilepaskan dengan salah satu kelurahan di Jakarta Timur. Sesuai dengan namanya, menurut 212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe karya Zaenuddin HM, nama Kelurahan Bambu Apus diambil dari suasana kawasan itu yang dulu memang ditumbuhi banyak pohon bambu apus.

Bahkan, usut punya usut dulu di era Betawi kuno, pohon-pohon bambu apus yang ada di wilayah tersebut dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati beragam penyakit. Namun seiring waktu berjalan dengan berbagai pembangunan, pohon-pohon bambu apus itu pun mulai menghilang sehingga penanaman 494 bibit pohon yang diberikan kepada Pemkot Jakarta Timur ini disinyalir dapat menjadi awal dikembalikannya kekhasan dari Kelurahan Bambu Apus.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.