Hydroxychloroquine, Ampuhkah Atasi COVID-19

Kesehatan

Hydroxychloroquine, Ampuhkah Atasi COVID-19?

Saat ini sudah ada berbagai obat yang diujicobakan tim medis dunia untuk berusaha mengobati pasien yang tengah dirawat akibat infeksi virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19. Di mana salah satunya adalah hydroxychloroquine. Obat ini dipercaya efektif oleh banyak orang awam di Negeri Paman Sam dalam mencegah virus SARS-CoV-2 usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengungkapkan bahwa ia rutin mengonsumsinya. Namun apakah hydroxychloroquine atau klorokuin ini memang ampuh mengatasi COVID-19?

Obat hydroxychloroquine menjadi buah bibir berbagai media internasional setelah Trump mengklaim bahwa potensi obat ini menjadi melawan COVID-19 terbilang positif. Bahkan pada April lalu, ia mengatakan bahwa tidak ada ruginya untuk mencoba mengonsumsinya dalam usaha antisipasi infeksi Virus Corona jenis baru ini.

[Baca Juga: Seberapa Ampuh Obat Malaria Klorokuin untuk Atasi Virus Corona?]

Ujaran yang disampaikan Presiden Amerika Serikat ini sebenarnya memicu kekhawatiran dari pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (US Food and Drugs Administration). Mereka khawatir konsumsi hydroxychloroquine dapat memiliki efek samping. Bahkan WHO cemas obat ini cenderung dipilih orang-orang awam dan memicu self-medicating tanpa dosis tepat serta pengawasan dokter yang malah dapat berakibat buruk terhadap kesehatan.

Lantas apa itu hydroxychloroquine? Sebagaimana dilansir dari drugs.com (11/5/2020) obat ini pada dasarnya digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit malaria. Sehingga obat ini lumrah digunakan di kawasan Afrika, Amerika Selatan, dan Asia bagian Selatan. Hal ini disebabkan wilayah-wilayah itu masih banyak orang-orang yang terjangkit penyakit yang dipicu parasit yang masuk ke tubuh akibat gigitan nyamuk tersebut.

Hydroxychloroquine, Ampuhkah Atasi COVID-19

Walau hydroxychloroquine digunakan untuk melawan malaria tapi obat ini tak ampuh untuk semua malaria. Mengingat ada beberapa jenis atau strain malaria yang telah memiliki resistensi terhadap obat tersebut. Selain itu obat ini juga kerap digunakan dalam pengobatan gejala penyakit rheumatoid arthritis dan lupus eritematosus sistemik.

[Baca Juga: Mengenal Remdesivir dan Kevzara, Obat yang Diuji untuk COVID-19]

Obat ini sebenarnya masih terbilang dipertanyakan dalam hal keampuhan untuk mengobati pasien COVID-19. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat memang mengizinkan untuk menggunakan obat ini tapi hanya dalam keadaan darurat untuk orang dewasa serta remaja dengan bobot minimal 50 kilogram yang sedang dirawat akibat COVID-19.

Walau hydroxychloroquine digunakan untuk berusaha menyebabkan penyebaran infeksi virus SARS-CoV-2 di dalam tubuh pasien tapi hingga kini masih belum diketahui apakah obat ini memang efektif dan aman untuk dikonsumsi untuk COVID-19. Apalagi ini ditambah dengan keputusan WHO baru-baru ini terkait maklumat untuk sementara waktu menghentikan penggunaan hydroxychloroquine sebagai obat percobaan untuk pengobatan pasien COVID-19. Hal ini disinyalir dipicu akibat penelitian yang baru-baru ini dipublikasikan terkait adanya kemungkinan obat ini malah meningkatkan potensi kematian dari pasien yang terjangkit virus SARS-CoV-2.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.