Hydroxychloroquine, Ampuhkah Atasi COVID-19

Kesehatan

Hydroxychloroquine, Ampuhkah Atasi COVID-19?

Saat ini sudah ada berbagai obat yang diujicobakan tim medis dunia untuk berusaha mengobati pasien yang tengah dirawat akibat infeksi virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19. Di mana salah satunya adalah hydroxychloroquine. Obat ini dipercaya efektif oleh banyak orang awam di Negeri Paman Sam dalam mencegah virus SARS-CoV-2 usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengungkapkan bahwa ia rutin mengonsumsinya. Namun apakah hydroxychloroquine atau klorokuin ini memang ampuh mengatasi COVID-19?

Obat hydroxychloroquine menjadi buah bibir berbagai media internasional setelah Trump mengklaim bahwa potensi obat ini menjadi melawan COVID-19 terbilang positif. Bahkan pada April lalu, ia mengatakan bahwa tidak ada ruginya untuk mencoba mengonsumsinya dalam usaha antisipasi infeksi Virus Corona jenis baru ini.

[Baca Juga: Seberapa Ampuh Obat Malaria Klorokuin untuk Atasi Virus Corona?]

Ujaran yang disampaikan Presiden Amerika Serikat ini sebenarnya memicu kekhawatiran dari pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (US Food and Drugs Administration). Mereka khawatir konsumsi hydroxychloroquine dapat memiliki efek samping. Bahkan WHO cemas obat ini cenderung dipilih orang-orang awam dan memicu self-medicating tanpa dosis tepat serta pengawasan dokter yang malah dapat berakibat buruk terhadap kesehatan.

Lantas apa itu hydroxychloroquine? Sebagaimana dilansir dari drugs.com (11/5/2020) obat ini pada dasarnya digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit malaria. Sehingga obat ini lumrah digunakan di kawasan Afrika, Amerika Selatan, dan Asia bagian Selatan. Hal ini disebabkan wilayah-wilayah itu masih banyak orang-orang yang terjangkit penyakit yang dipicu parasit yang masuk ke tubuh akibat gigitan nyamuk tersebut.

Hydroxychloroquine, Ampuhkah Atasi COVID-19

Walau hydroxychloroquine digunakan untuk melawan malaria tapi obat ini tak ampuh untuk semua malaria. Mengingat ada beberapa jenis atau strain malaria yang telah memiliki resistensi terhadap obat tersebut. Selain itu obat ini juga kerap digunakan dalam pengobatan gejala penyakit rheumatoid arthritis dan lupus eritematosus sistemik.

[Baca Juga: Mengenal Remdesivir dan Kevzara, Obat yang Diuji untuk COVID-19]

Obat ini sebenarnya masih terbilang dipertanyakan dalam hal keampuhan untuk mengobati pasien COVID-19. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat memang mengizinkan untuk menggunakan obat ini tapi hanya dalam keadaan darurat untuk orang dewasa serta remaja dengan bobot minimal 50 kilogram yang sedang dirawat akibat COVID-19.

Walau hydroxychloroquine digunakan untuk berusaha menyebabkan penyebaran infeksi virus SARS-CoV-2 di dalam tubuh pasien tapi hingga kini masih belum diketahui apakah obat ini memang efektif dan aman untuk dikonsumsi untuk COVID-19. Apalagi ini ditambah dengan keputusan WHO baru-baru ini terkait maklumat untuk sementara waktu menghentikan penggunaan hydroxychloroquine sebagai obat percobaan untuk pengobatan pasien COVID-19. Hal ini disinyalir dipicu akibat penelitian yang baru-baru ini dipublikasikan terkait adanya kemungkinan obat ini malah meningkatkan potensi kematian dari pasien yang terjangkit virus SARS-CoV-2.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.