I-Fit Sereal Ikan Terpilih Jadi Pemenang I-PLAN Business Innovation Challenge .jpg

Bisnis

I-Fit Sereal Ikan Terpilih Jadi Pemenang I-PLAN Business Innovation Challenge

Pada tahun 2019 Global Alliance for Improved Nutrition atau GAIN bekerjasama dengan Innovation Factory menggelar kompetisi bernama I-PLAN Food Design Challenge. Di mana kompetisi ini merupakan ajang pencarian inovasi produk makanan lokal bergizi tinggi dengan bahan dasar ikan yang mampu menurunkan risiko anemia serta stunting. Setelah melewati proses panjang, finalis utama yang berhasil keluar sebagai pemenang dan membawa pulang hadiahnya adalah produk I-Fit Sereal Ikan.

Kompetisi I-PLAN Business Innovation Challenge ini turut didukung Kementerian Kesehatan serta Kementeran Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Di mana kedua kementerian ini memandang kompetisi ini dapat menghadirkan inovasi produk makanan olahan yang berasal dari kekayaan sumber laut Tanah Air dengan gizi yang tinggi dan harga terjangkau.

I-Fit Sereal Ikan Terpilih Jadi Pemenang I-PLAN Business Innovation Challenge.jpg

Kompetisi ini dimulai pada Oktober 2019 dan kegiatannya dilanjutkan dengan roadshow ke empat kota besar di pulau Jawa, termasuk Jakarta. Dari mulai perusahaan startup, pengusaha UMKM, sampai institusi turut mengikuti kompetisi ini untuk menampilkan proposal produk mereka sekaligus memberikan pitching. Dari ratusan proposal, terpilih 10 finalis yang mengikuti final pitching day pada 13 Desember 2019 di Ibu Kota yang akhirnya dipilih lima finalis utama untuk mengikuti final demo day I-PLAN Food Design Challenge yang digelar pada 29 Juli 2020.

Final demo day ini digelar secara online dengan finalisnya terdiri dari Agus Heri Santoso (Biskuit Ikan Gabus Striata), Imelda Delfina Sibarani (I-Fit Sereal Ikan), David Giamatri Gunawan (Uni Urchin, Kikis Rochana Handayani (Hokky mie), dan Noer Laily dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (Purula). Kemudian para finalis pun mengikuti beragam program pelatihan dan dana pengembangan untuk semakin menajamkan strategi bisnisnya serta untuk semakin mengembangkan produknya sesuai dengan tujuan utama dari I-PLAN Food Design Challenge.

[Baca Juga: Inspirasi Makanan Sehat, Ini Resep Olahan Nikmat Sayur Bayam]

Pada hari ini semua peserta pun memberikan pitching yang terakhir melalui Zoom di hadapan para dewan juri yang terdiri dari para profesional bisnis serta perwakilan Kementerian Kesehatan serta Kementeran Kelautan dan Perikanan. Setiap finalis pun memiliki harapannya menjadi pemenang dari I-PLAN Food Design Challenge, karena dengan membawa pulang hadiah uang senilai Rp100.000.000, mereka dapat semakin mengembangkan produknya agar lebih dapat dipasarkan di berbagai wilayah Tanah Air, bahkan ke negara lain.

Tim ibu-anak dari I-Fit Sereal Ikan sendiri berencana menggunakan uang grand prize dari kompetisi ini untuk pembelian mesin drum drying demi semakin menyempurnakan produknya agar bisa bersaing dengan produk kompetitor yang sudah ada di pasaran. Tampaknya keinginan ini dapat terealisasi karena I-Fit Sereal Ikan yang berupa minuman sehat instan yang berisi campuran sereal oat, buang kering, susu, dan flakes ikan ini mampu berhasil menjadi juara pertama dari I-PLAN Food Design Challenge.

Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan.jpg

Berita Kawasan

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan

06 August 2020, 19:00

Pekan ini Damkar Depok mengerahkan anggotanya untuk menyisir area Kali Pesanggarahan demi memastikan tak ada buaya yang berkeliaran.

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris.jpg

Kuliner

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris

06 August 2020, 18:00

Jika berbicara mengenai menu sate populer di kawasan Jakarta Selatan, maka warung Sate H. Romli atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sate RSPP bisa dipastikan sebagai salah satunya.

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

Kesehatan

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

06 August 2020, 16:50

Penyandang diabetes akan lebih rentan mengalami perparahan bahkan menyebabkan kematian jika terinfeksi COVID-19.

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020

Bisnis

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020?

06 August 2020, 15:30

Sektor industri, penurunan kinerja ekspor impor, dan tingginya pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa mengakibatkan peningkatan angka kemiskinan.


Comments


Please Login to leave a comment.