Gambir-Kesehatan-IAPI-Edukasi-Penyakit-Patologi-kepada-Masyarakat--Emil.jpg

Kesehatan

IAPI Edukasi Penyakit Patologi kepada Masyarakat

Patologi merupakan salah satu cabang di dunia kedokteran yang memeriksa suatu penyakit dengan menggunakan analisa terhadap perubahan kondisi atau fungsi tertentu di tubuh manusia. Namun sayangnya masyarakat umum masih kurang mengenal dengan hal tersebut. Karena itulah Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Indonesia atau IAPI (Ikatan Ahli Patologi Indonesia) mengadakan edukasi kepada masyarakat mengenai hal-hal yang berkaitan dengan patologi di car free day pada Minggu 18 November 2018.

IAPI (Ikatan Ahli Patologi Indonesia) di CFD Jakarta Pusat

“Kegiatan ini untuk mengedukasi kepada masyarakat mengenai peran dokter patologi yang salah satu menginformasi kepada masyarakat mengenai kanker. Padahal dokter patologi juga dokter spesialis untuk mengetahui penyebab atau proses suatu penyakit, baik penyakit infeksi sampai tumor yang jinak atau ganas,” jelas Dokter Patologi Anatomi di RSCM sekaligus Ketua IAPI, dr. Diah Rini Handjari kepada PingPoint di car free day kawasan Bundaran Hotel Indonesia.

[Baca Juga: Dinas Kesehatan Depok Gelar Pemeriksaan Pap Smear Gratis]

Perempuan yang akrab disapa dr Rini itu menjelaskan, salah satu pemeriksaan yang paling sering melibatkan para dokter patologi adalah pap smear. Karena walau yang mengambil sampel dari pasien adalah dokter kebidanan, dokter umum dan bidan, pemeriksaan secara menyeluruh tetap dilakukan dokter patologi.

Ketua IAPI dr. Diah Rini Handjari

Kegiatan edukasi ini sebenarnya bertepatan dengan momen peringatan patologi dunia. “Kita biasanya melaksanakan ini satu tahun sekali karena ini Hari Patologi Internasional yang jatuh pada 14 November. Tapi kebetulan itu hari kerja, jadi kita mengambil pada saat hari minggunya, car free day, di mana banyak masyarakat yang hadir,” ucap Rini.

[Baca Juga: Catat! Car Free Day Segera Digelar di Jakarta Utara]

Selain itu, kegiatan ini juga dimanfaatkan para dokter patologi yang hadir untuk menjelaskan mengenai kanker serviks. Karena ternyata selain acara di car free day, para dokter di IAPI juga kerap datang ke daerah, melalui radio, televisi dan media sosial untuk memberikan informasi mengenai kanker yang menyerang kaum hawa tersebut.

IAPI (Ikatan Ahli Patologi Indonesia) di CFD Jakarta Pusat

Rini juga sempat memberikan sarannya untuk para perempuan terkait pencegahan kanker serviks. “Seluruh wanita tidak harus yang sudah menikah yang penting sudah melakukan hubungan seksual maka hukumnya wajib untuk melakukan pap smear setahun sekali. Di Indonesia hal itu belum membudaya maka kita harus melakukan edukasi,” tambahnya.

Read More

Artikel Lainnya

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

Bisnis

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

19 February 2020, 21:00

Keluarga teranyar dari C Series dengan julukan Triple Camera, Game Monster akhirnya resmi diluncurkan di pasar Indonesia.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

19 February 2020, 20:00

Revolusi industri 4.0 hampir menyentuh di segala lini. Kemajuan zaman telah menghasilkan disrupsi atau inovasi, sistem lama yang serba fisik pun kini tergantikan sistem baru yang serba digital dan efisien.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

19 February 2020, 19:00

Ternyata terdapat makna budaya yang kuat di dalam eksistensi dari Kampung Betawi Setu Babakan. Pembangunannya memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta.

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

Berita Kawasan

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

19 February 2020, 18:00

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan bangun gedung baru Kantor Kelurahan Kramat Jati. Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mempersiapkan proses lelang.


Comments


Please Login to leave a comment.