Gambir-Kesehatan-IAPI-Edukasi-Penyakit-Patologi-kepada-Masyarakat--Emil.jpg

Kesehatan

IAPI Edukasi Penyakit Patologi kepada Masyarakat

Patologi merupakan salah satu cabang di dunia kedokteran yang memeriksa suatu penyakit dengan menggunakan analisa terhadap perubahan kondisi atau fungsi tertentu di tubuh manusia. Namun sayangnya masyarakat umum masih kurang mengenal dengan hal tersebut. Karena itulah Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Indonesia atau IAPI (Ikatan Ahli Patologi Indonesia) mengadakan edukasi kepada masyarakat mengenai hal-hal yang berkaitan dengan patologi di car free day pada Minggu 18 November 2018.

IAPI (Ikatan Ahli Patologi Indonesia) di CFD Jakarta Pusat

“Kegiatan ini untuk mengedukasi kepada masyarakat mengenai peran dokter patologi yang salah satu menginformasi kepada masyarakat mengenai kanker. Padahal dokter patologi juga dokter spesialis untuk mengetahui penyebab atau proses suatu penyakit, baik penyakit infeksi sampai tumor yang jinak atau ganas,” jelas Dokter Patologi Anatomi di RSCM sekaligus Ketua IAPI, dr. Diah Rini Handjari kepada PingPoint di car free day kawasan Bundaran Hotel Indonesia.

[Baca Juga: Dinas Kesehatan Depok Gelar Pemeriksaan Pap Smear Gratis]

Perempuan yang akrab disapa dr Rini itu menjelaskan, salah satu pemeriksaan yang paling sering melibatkan para dokter patologi adalah pap smear. Karena walau yang mengambil sampel dari pasien adalah dokter kebidanan, dokter umum dan bidan, pemeriksaan secara menyeluruh tetap dilakukan dokter patologi.

Ketua IAPI dr. Diah Rini Handjari

Kegiatan edukasi ini sebenarnya bertepatan dengan momen peringatan patologi dunia. “Kita biasanya melaksanakan ini satu tahun sekali karena ini Hari Patologi Internasional yang jatuh pada 14 November. Tapi kebetulan itu hari kerja, jadi kita mengambil pada saat hari minggunya, car free day, di mana banyak masyarakat yang hadir,” ucap Rini.

[Baca Juga: Catat! Car Free Day Segera Digelar di Jakarta Utara]

Selain itu, kegiatan ini juga dimanfaatkan para dokter patologi yang hadir untuk menjelaskan mengenai kanker serviks. Karena ternyata selain acara di car free day, para dokter di IAPI juga kerap datang ke daerah, melalui radio, televisi dan media sosial untuk memberikan informasi mengenai kanker yang menyerang kaum hawa tersebut.

IAPI (Ikatan Ahli Patologi Indonesia) di CFD Jakarta Pusat

Rini juga sempat memberikan sarannya untuk para perempuan terkait pencegahan kanker serviks. “Seluruh wanita tidak harus yang sudah menikah yang penting sudah melakukan hubungan seksual maka hukumnya wajib untuk melakukan pap smear setahun sekali. Di Indonesia hal itu belum membudaya maka kita harus melakukan edukasi,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Berita Kawasan

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

27 September 2021, 22:08

Lomba film pendek yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

BNS 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Potret Pasar Malam yang Dimodernisasi Batu Night Spectacular

27 September 2021, 21:09

Desain-desain modern yang ditemukan di Jatim Park Grup kini bisa ditemukan di berbagai tempat wisata di Kota Batu.

Henju-2

Kecantikan dan Fashion

Henju By Gracy, Aksesori Jogja Sukses Taklukkan Pasar Dunia

27 September 2021, 20:08

Sampai saat ini Henju sudah tersebar di pasar-pasar aksesoris di berbagai negara. Konsumen terbesarnya berasal dari Amerika, Perancis , Inggris dan beberapa negara Eropa.

Penduduk Lansia Pada Masa Pandemi, Antara Meningkatnya Harapan Hidup dan Masuk Dalam Kelompok Rentan

Kesehatan

Lansia Kala Pandemi, Harapan Meningkat tapi Masih Kelompok Rentan

27 September 2021, 19:07

Lansia di Kota Semarang terus bertambah dengan semakin meningkatnya harapan hidup, di sisi lain mereka masuk kelompok rentan. Pelayanan kesehatan pada kelompok lansia pun terus ditingkatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.