Sebaiknya Hindari 6 Pantangan untuk Wanita Hamil

Kesehatan

Ibu Hamil dengan Kondisi Ini Boleh Tidak Berpuasa

Pertanyaan seputar puasa dan kehamilan mungkin menjadi penting bagi ibu hamil di bulan Ramadan. Wajar bila ada kekhawatiran pada ibu hamil jika puasa memiliki efek buruk pada janin maupun dirinya. Pada dasarnya, memang ada kondisi-kondisi tertentu pada ibu hamil yang menyebabkannya boleh tak menjalankan ibadah puasa. Lewat webinar dengan narasumber Spesialis Kebidanan dan Kandungan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta Pusat, dr. M Adya F. Dilmy dan moderator dr. Darrell Fernando, SpOG, diketahui ada beberapa kondisi yang memungkinkan ibu hamil boleh tidak berpuasa.

Adya F Dilmy yang akrab disapa dengan Dido mengatakan, pada dasarnya ibu hamil dengan kondisi diri dan janin yang sehat wajib berpuasa di bulan Ramadan. Untuk mengetahui kondisi sehat dan tidaknya, ibu hamil dapat melakukan kontrol kehamilan.

[Baca Juga: Ini Panduan WHO untuk Ibadah Ramadan pada Masa Pandemi COVID-19]

“Pada kehamilan yang baik dan sehat, efeknya [berpuasa] tidak membuat air ketuban berkurang dan persalinannya nggak jadi prematur,” kata Dido pada Kamis (23/4/2020) dalam webinar melalui Instagram live. Beberapa kondisi yang membuat ibu hamil boleh tidak berpuasa di antaranya.

Kemang-Kesehatan-3 Hal yang Bisa Membahayakan Kehamilan-Yakub 2.jpg

1) Mengalami Mual dan Muntah yang Parah

Ibu dengan kehamilan muda, bila mengalami mual dan muntah yang parah sehingga mengharuskan dirinya makan atau minum sesuatu, boleh membatalkan puasa. “Kalau hamil muda dan dia muntah dan mual banget sehingga harus makan atau minum sesuatu, ada rasa nyeri di ulu hati, dispepsia itu boleh batal puasanya,” kata Dido.

2) Mengalami Flek pada Kehamilan Muda

Flek yang biasa dialami saat masa awal kehamilan juga menjadi salah satu alasan bagi ibu hamil untuk membatalkan puasa. Hal ini karena ada obat-obatan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil ketika mengalami flek. “Kalau flek pada hamil muda bisa macam-macam akibatnya, bisa terancam keguguran. Maka, harus ada konsumsi obat-obatan, dan itu membatalkan puasa,” ujar Dido.

[Baca Juga: Menurut Anies, Puasa Kala Pandemi Seperti Ramadan Zaman Rasulullah]

3) Kondisi Membahayakan Lain

Dido menyampaikan, ada indikator yang menandakan kondisi berbahaya pada ibu hamil dan janinnya. Salah satu indikatornya adalah kurangnya gerakan bayi dalam kandungan. Gerakan bayi dalam kandungan yang harus dipantau yakni saat mulai trimester ketiga. Bila gerakan bayi dalam satu hari kurang dari sepuluh gerakan, ibu hamil harus melakukan pengecekan.

“Biasanya [pada kondisi normal], mulai trimester ketiga itu ada 10-12 gerakan janin. Sejam berarti minimal sekali gerakan. Kalau kurang dari sepuluh, harus dicek,” jelas Dido.

[Baca Juga: 3 Hal yang Bisa Membahayakan Kehamilan]

Kemudian, penting bagi ibu hamil yang sudah dalam usia kehamilan lanjut mengenal kondisi fisiknya. “Jadi harus diperhatikan juga riwayat kehamilan sebelumnya, pernahkah bayinya meninggal dalam rahim, bayinya cenderung kecil, dan punya risiko penyakit tertentu sehingga harus minum obat,” imbuhnya. Air ketuban yang sedikit, kata Dido, juga bisa menjadi penyebab ibu hamil boleh tak berpuasa.

Dido mengatakan, penting bagi ibu hamil memerhatikan asupan makanan di bulan Ramadan. Menurutnya, asupan makanan menjadi hal penting terlebih lagi demi meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi COVID-19. Ia secara pribadi tidak setuju dengan konsumsi suplemen yang berlebihan. Menurutnya, konsumsi sayuran, buah-buahan, dan protein yang seimbang bagi ibu hamil adalah hal terpenting.

“Sederhananya makan tanpa pengawet. Contohnya makan ikan dan sayur asem lalu makan pisang dan jeruk saja sudah cukup. Intinya, kalau makan sayuran, buah-buahan dan daging merah sudah cukup ya cukup,” tutur Dodi.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.