Ibu Ini Kiat Bekerja Setelah Cuti Melahirkan

Kesehatan

Ibu, Ini Kiat Bekerja Setelah Cuti Melahirkan!

Anda mungkin salah satu orang yang setelah libur panjang setelah melahirkan buah hati, harus kembali bertugas ke kantor. Namun, dengan kondisi anak yang masih kecil tentunya sangat berat pergi beranjak untuk kembali bekerja. Gejolak batin tak terelakan. Jika Anda harus meninggalkan bayi di penitipan atau rumah keluarga, Anda dirundungi rasa bersalah, sedangkan tuntutan ekonomi mengharuskan Anda untuk mencari pemasukan lebih untuk keluarga.

Emosi yang Anda alami sebenarnya sangat wajar. Namun bukan berarti Anda tak bisa mengatasi hal tersebut. Memang ada beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan, seperti meninggalkan anak pagi dan baru berjumpa saat malam, jadwal yang tidak fleksibel sehingga Anda tidak bisa mengurus buah hati secara langsung, dan sebagainya.

[Baca Juga: Disiplin Pegang Peranan Penting Sukses ASI Eksklusif]

Merangkum dari boldsky.com (28/6/2019) ada beberapa kiat untuk para ibu bekerja yang masa cuti melahirkannya sudah usai.

1. Sesuaikan Jam Kerja

Jika Anda bekerja di bagian pelayanan publik, mungkin kiat ini tak bisa Anda lakukan. Namun jika Anda bekerja di bidang lain, Anda bisa mencoba berbicara kepada atasan untuk memiliki jam kerja fleksibel dalam waktu tertentu sebagai penyesuaian. Berkerja dengan tekun dan teliti agar Anda dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, sehingga Anda dapat memiliki waktu untuk bayi Anda tanpa mempengaruhi pekerjaan.

2. Memilih Tempat Penitipan Anak Dengan Teliti

Jika Anda ingin menitipkan anak di tempat penitipan, seleksi masing-masing tempat yang sesuai dengan Anda. Mulai dari waktu, jarak, biaya hingga kegiatan apa saja yang dilakukan di sana. Cari tahu penitipan anak lewat ibu-ibu lain. Akan lebih bagus jika kantor Anda menyediakan fasilitas penitipan anak.

3. Siapkan Rencana Cadangan

Jika dalam situasi tertentu buah hati sakit atau tempat penitipan tutup, sebelum memutuskan bekerja Anda sudah harus memikirkan masalah ini. Anda bisa saja memanggil saudara atau sahabat yang bisa diandalkan dan tentunya bisa mengurus bayi.

[Baca Juga: Perempuan Pekerja Merasa Lebih Stres Dibandingkan Pria]

4. Kelola Waktu Anda Dengan Baik

Hal yang paling terpenting untuk ibu baru adalah mengatur waktu dengan baik. Anda harus bisa merencanakan kapan waktu yang tepat untuk bekerja dan kapan waktu yang tepat untuk mengurus anak. Jangan sampai mengundur pekerjaan di kantor, usahakan selesaikan pekerjaan Anda sebelum waktu yang ditentukan.

5. Jangan Terlalu Stres

Jika Anda merasa lelah dengan pekerjaan dan tanggung jawab bayi di saat yang bersamaan. Ada baiknya Anda merelakan pekerjaan Anda dan memilih pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Jangan terlalu stres sendiri, hal ini justru dapat membuat semua rencana Anda beratakan.

Itulah kiat yang bisa dilakukan ibu yang masa cuti melahirkannya sudah selesai dan harus kembali bekerja. sudah memutuskan apa yang akan Anda lakukan?


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.