Ibu Menyusui Perlu Makan Ini agar Asi Jadi Lancar

Kesehatan

Ibu Menyusui Perlu Makan Ini agar Asi Jadi Lancar!

Setiap wanita setelah melahirkan akan dianugerahi ASI sebagai asupan bayi saat lahir. Dan tidak semua wanita bisa mengeluarkan ASI yang cukup setelah melahirkan bayinya. Banyak faktor yang menyebabkan ASI tidak keluar dari puting si Ibu atau ada juga yang tidak banyak mengeluarkan ASI. Oleh sebab, perlu adanya makanan penunjang untuk ibu menyusui agar ASI yang dikeluarkan lebih banyak. Diambil dari beberapa sumber, berikut ulasannya.

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Sosialisasikan Triple Eliminasi pada Ibu Hamil]

  1. Pepaya

Buah ini sangat mudah ditemukan di pasar mana pun. Warnanya yang kuning memiliki kandungan vitamin A dan C dan kandungan mineral penting, seperti kalium, asam folat dan enzim papain. Enzim berfungsi membantu pencernaan protein, enzim inilah yang diperlukan ibu menyusui untuk memproduksi banyak ASI.

2. Daun Katuk

Dari dulu hingga sekarang, untuk ibu menyusui disarankan orangtua untuk mengonsumsi daun katuk. Daun katuk ini memang dikenal sebagai makanan untuk memperbanyak ASI karena memiliki kandungan protein. Protein sangat dibutuhkan untuk ibu menyusui sekitar 60 gram protein setiap hari.

3. Bayam

Sayuran yang satu sangat baik dikonsumsi ibu menyusui. Kandungan yang terdapat pada bayam sangat dibutuhkannya, seperti Vitamin A, C, E, K, protein, serta berbagai mineral seperti Thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Dan juga enzim Phytoestrogens yang mampu memperbanyak ASI.

4. Kurma

Kurma memiliki kandungan kalsium serta serat tinggi yang mampu meningkatkan jumlah ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Selain itu, kurma juga mampu meningkatkan kualitas ASI agar bayi sehat dan cerdas.

5. Wortel

Wortel memiliki Vitamin A, beta karoten, serta enzim Phytoestrogens mampu meningkatkan jumlah ASI serta meningkatkan kualitas ASI. Anda dapat mengonsumsi wortel mentah, dikukus, maupun dimasak menjadi sup.

6. Gandum (oat)

Agar ASI Anda lancar, mengonsumsi oat yang berasal dari gandum utuh berserat tinggi ini membantu meningkatkan suplai ASI. Selain itu, oatmel dapat menambah energi Anda karena selama menyusui Anda juga memerlukan energi tambahan. Semangkok oatmeal bisa Anda jadikan sarapan sehat.

7. Air

Ibu menyusui jangan sampai terhidrasi. Maka minum air yang cukup sangat diperlukan untuk meningkatkan ASI. Minumlah air secukupnya agar produksi ASI menjadi lancar.

[Baca Juga: AIMI Gelar Menyusui Serentak di Pekan Menyusui Sedunia]

Itulah sembilan jenis makanan untuk ibu menyusui agar si bayi mendapatkan ASI yang cukup dari Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.