Ibu Menyusui Perlu Makan Ini agar Asi Jadi Lancar

Kesehatan

Ibu Menyusui Perlu Makan Ini agar Asi Jadi Lancar!

Setiap wanita setelah melahirkan akan dianugerahi ASI sebagai asupan bayi saat lahir. Dan tidak semua wanita bisa mengeluarkan ASI yang cukup setelah melahirkan bayinya. Banyak faktor yang menyebabkan ASI tidak keluar dari puting si Ibu atau ada juga yang tidak banyak mengeluarkan ASI. Oleh sebab, perlu adanya makanan penunjang untuk ibu menyusui agar ASI yang dikeluarkan lebih banyak. Diambil dari beberapa sumber, berikut ulasannya.

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Sosialisasikan Triple Eliminasi pada Ibu Hamil]

  1. Pepaya

Buah ini sangat mudah ditemukan di pasar mana pun. Warnanya yang kuning memiliki kandungan vitamin A dan C dan kandungan mineral penting, seperti kalium, asam folat dan enzim papain. Enzim berfungsi membantu pencernaan protein, enzim inilah yang diperlukan ibu menyusui untuk memproduksi banyak ASI.

2. Daun Katuk

Dari dulu hingga sekarang, untuk ibu menyusui disarankan orangtua untuk mengonsumsi daun katuk. Daun katuk ini memang dikenal sebagai makanan untuk memperbanyak ASI karena memiliki kandungan protein. Protein sangat dibutuhkan untuk ibu menyusui sekitar 60 gram protein setiap hari.

3. Bayam

Sayuran yang satu sangat baik dikonsumsi ibu menyusui. Kandungan yang terdapat pada bayam sangat dibutuhkannya, seperti Vitamin A, C, E, K, protein, serta berbagai mineral seperti Thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Dan juga enzim Phytoestrogens yang mampu memperbanyak ASI.

4. Kurma

Kurma memiliki kandungan kalsium serta serat tinggi yang mampu meningkatkan jumlah ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Selain itu, kurma juga mampu meningkatkan kualitas ASI agar bayi sehat dan cerdas.

5. Wortel

Wortel memiliki Vitamin A, beta karoten, serta enzim Phytoestrogens mampu meningkatkan jumlah ASI serta meningkatkan kualitas ASI. Anda dapat mengonsumsi wortel mentah, dikukus, maupun dimasak menjadi sup.

6. Gandum (oat)

Agar ASI Anda lancar, mengonsumsi oat yang berasal dari gandum utuh berserat tinggi ini membantu meningkatkan suplai ASI. Selain itu, oatmel dapat menambah energi Anda karena selama menyusui Anda juga memerlukan energi tambahan. Semangkok oatmeal bisa Anda jadikan sarapan sehat.

7. Air

Ibu menyusui jangan sampai terhidrasi. Maka minum air yang cukup sangat diperlukan untuk meningkatkan ASI. Minumlah air secukupnya agar produksi ASI menjadi lancar.

[Baca Juga: AIMI Gelar Menyusui Serentak di Pekan Menyusui Sedunia]

Itulah sembilan jenis makanan untuk ibu menyusui agar si bayi mendapatkan ASI yang cukup dari Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.