Ibu Menyususi Wajib Kenali Mastitis

Kesehatan

Ibu Menyususi Wajib Kenali Mastitis

Menyusui merupakan hal alami yang dilakukan ibu kepada anaknya. Akan tetapi, ada banyak kendala yang mungkin dapat dialami ibu saat masa awal menyusui. Sebagai contoh, di minggu-minggu pertama setelah melahirkan sebagian ibu tidak bisa langsung menyusui dengan lancar.

Hal tersebut dikarenakan rasa sakit payudara saat air susu ibu (ASI) keluar dari puting. Kondisi ini tidak berkaitan dengan masalah kesehatan dari diri ibu, hanya terkadang timbul stres dan rasa tidak percaya diri membuat proses menyusui memberikan efek samping tersebut.

Pembengkakan payudara dan salah posisi saat menyusui juga bisa menjadi penyebab rasa nyeri saat menyusui. Tidak hanya itu, terdapat kondisi lain yang bisa sebabkan rasa nyeri saat menyusui yang disebut dengan Mastitis. Apa itu mastitis? Yuk simak penjelasannya.

[Baca Juga: Inisiasi Menyusui Dini Penting Untuk Ibu dan Bayi]

Dokter spesialis bedah Siloam Hospitals Lippo Village dr. Freda Susana Halim, Sp.B menerangkan, mastitis pada ibu menyusui (lactating mastitis) adalah infeksi jaringan payudara saat sedang menyusui, terutama terjadi karena mampatnya saluran air susu oleh ASI itu sendiri yang menggumpal (clogged milk duct).

“Disertai bakteri yang masuk ke dalam jaringan payudara ibu melalui puting susu. Mastitis jenis lain bisa juga terjadi pada ibu yang tidak menyusui, tapi kondisi ini jarang ditemukan,” katanya dikutip dari siloamhospitals.com (31/7/2019).

World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa insiden penyakit mastitis pada ibu menyusui sangat bervariasi, mulai dari dua persen hingga 33 persen dan paling sering menyerang ibu pada dua sampai tiga minggu menyusui.

[Baca Juga: AIMI Gelar Menyusui Serentak di Pekan Menyusui Sedunia]

Nyeri pada mastitis ini sedemikian hebat sehingga banyak sekali ibu yang menghentikan pemberian ASI setelah mastitis. Ada beberapa tanda dan gejala mastitis yang sering dijumpai. Antaranya,

  • Nyeri pada payudara yang terkena
  • Bengkak dan kemerahan pada kulit payudara
  • Demam
  • Flu-like syndrome atau gejala seperti flu (seperti meriang dan menggigil)

Bila ibu mengalami gejala tersebut terus-menerus, maka perlahan akan terbentuk kantong nanah dalam payudara ibu atau disebut juga dengan lactational abscess (bisul pada payudara ibu menyusui). Jika hal ini terjadi, maka nyeri akan semakin hebat dan demam semakin tinggi.

Read More

Artikel Lainnya

Cara Atasi Jerawat di Leher dengan 4 Bahan Alami Ini

Kesehatan

Cara Atasi Jerawat di Leher dengan 4 Bahan Alami Ini

11 December 2019, 08:00

Meski secara umum tidak berbahaya, jerawat di leher sering kali membuat penggunanya menjadi kurang percaya diri. Bagaimana cara mengatasinya?

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Berita Kawasan

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

10 December 2019, 16:00

Dalam rangka menata trotoar di Jalan Raya Senen, Pemkot Jakarta Pusat relokasi para pedagang pakaian bekas.


Comments


Please Login to leave a comment.