Ibu Menyususi Wajib Kenali Mastitis

Kesehatan

Ibu Menyususi Wajib Kenali Mastitis

Menyusui merupakan hal alami yang dilakukan ibu kepada anaknya. Akan tetapi, ada banyak kendala yang mungkin dapat dialami ibu saat masa awal menyusui. Sebagai contoh, di minggu-minggu pertama setelah melahirkan sebagian ibu tidak bisa langsung menyusui dengan lancar.

Hal tersebut dikarenakan rasa sakit payudara saat air susu ibu (ASI) keluar dari puting. Kondisi ini tidak berkaitan dengan masalah kesehatan dari diri ibu, hanya terkadang timbul stres dan rasa tidak percaya diri membuat proses menyusui memberikan efek samping tersebut.

Pembengkakan payudara dan salah posisi saat menyusui juga bisa menjadi penyebab rasa nyeri saat menyusui. Tidak hanya itu, terdapat kondisi lain yang bisa sebabkan rasa nyeri saat menyusui yang disebut dengan Mastitis. Apa itu mastitis? Yuk simak penjelasannya.

[Baca Juga: Inisiasi Menyusui Dini Penting Untuk Ibu dan Bayi]

Dokter spesialis bedah Siloam Hospitals Lippo Village dr. Freda Susana Halim, Sp.B menerangkan, mastitis pada ibu menyusui (lactating mastitis) adalah infeksi jaringan payudara saat sedang menyusui, terutama terjadi karena mampatnya saluran air susu oleh ASI itu sendiri yang menggumpal (clogged milk duct).

“Disertai bakteri yang masuk ke dalam jaringan payudara ibu melalui puting susu. Mastitis jenis lain bisa juga terjadi pada ibu yang tidak menyusui, tapi kondisi ini jarang ditemukan,” katanya dikutip dari siloamhospitals.com (31/7/2019).

World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa insiden penyakit mastitis pada ibu menyusui sangat bervariasi, mulai dari dua persen hingga 33 persen dan paling sering menyerang ibu pada dua sampai tiga minggu menyusui.

[Baca Juga: AIMI Gelar Menyusui Serentak di Pekan Menyusui Sedunia]

Nyeri pada mastitis ini sedemikian hebat sehingga banyak sekali ibu yang menghentikan pemberian ASI setelah mastitis. Ada beberapa tanda dan gejala mastitis yang sering dijumpai. Antaranya,

  • Nyeri pada payudara yang terkena
  • Bengkak dan kemerahan pada kulit payudara
  • Demam
  • Flu-like syndrome atau gejala seperti flu (seperti meriang dan menggigil)

Bila ibu mengalami gejala tersebut terus-menerus, maka perlahan akan terbentuk kantong nanah dalam payudara ibu atau disebut juga dengan lactational abscess (bisul pada payudara ibu menyusui). Jika hal ini terjadi, maka nyeri akan semakin hebat dan demam semakin tinggi.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.