IMG_22122021_133025_(1100_x_600_piksel).jpg

Bisnis

Ibu Tangguh! Kisah Super Women asal Medan Jadi Driver Online

Tri Desi AN Br Pandiangan dan Corry TM Lumbantoruan adalah contoh perempuan tangguh yang rela bekerja keras demi menghidupi keluarga hingga memberikan pendidikan terbagi bagi anak-anaknya.

Keduanya memanfaatkan teknologi dengan menjadi mitra pengemudi Grab meski usia tidak terbilang muda lagi.

Bertepatan dengan Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember 2021, inilah dua kisah inspiratif perempuan yang juga ibu sekaligus mengemban tugas kepala keluarga.

Tetap Produktif di Masa Pensiun dengan Menjadi Sopir Taksi Online

Wanita sopir Grab

Corry TM Lumbantoruan adalah pensiunan dari salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Corry yang berusia 62 tahun ini tetap semangat menjalani profesi sebagai mitra pengemudi GrabCar di Kota Medan setiap harinya.

Corry mengakui sempat kebingungan menjalani aktivitas selepas pensiun karena terbiasa bekerja.

“Akhirnya saya berdiskusi dengan almarhum suami untuk mencari pekerjaan lain. Karena saya juga sudah terbiasa menyetir kendaraan sendiri, saya pun memutuskan untuk bergabung menjadi mitra pengemudi GrabCar. Syukurlah keputusan ini pun disetujui oleh suami,” ungkap Corry dari rilis kepada PingPoint.co.id (22/12/2021).

Dengan menjadi mitra pengemudi GrabCar, Corry bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk membantu perekonomian keluarga.

Apalagi saat itu, suaminya tengah sakit keras dan harus menjalani pengobatan rutin di rumah sakit. Selain itu, penghasilannya juga digunakan untuk membiayai pendidikan putrinya yang kala itu masih kuliah di salah satu perguruan tinggi di Bandung.

[Baca Juga: Hari Ibu 2022, Amartha Dorong Perkembangan Ekonomi di Desa]

Dalam menjalankan profesi sehari-harinya sebagai pengemudi taksi online, Corry juga mendapatkan banyak pengalaman dan hal menarik saat melayani penumpang.

“Meski usia saya saat ini sudah 62 tahun, semangat saya masih seperti anak muda yang berusia 26 tahun,” lanjutnya.

Ia pun membagikan pesan bagi para mitra pengemudi perempuan lainnya, agar tetap semangat dan selalu berpikir positif.

“Pesan saya, khususnya untuk para sopir taksi online perempuan seperti saya di luar sana, baik yang ibu rumah tangga maupun orang tua tunggal tetap semangat dan jangan hanya berdiam diri saja,” ujarnya.

“Sebagai perempuan kita dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang kita miliki. Sudah saatnya bagi para perempuan dapat turut mendukung perekonomian keluarga,” tutup Corry.

Mantan Guru TK yang Banting Setir Jadi Sopir Ojol

Wanita sopir ojol Grab

Sosok pekerja keras lainnya melekat pada diri Tri Desi AN Br Pandiangan atau yang akrab disapa Bunda Dea.

Sejak 2014, dirinya harus bisa berbagi peran sebagai seorang ibu sekaligus ‘ayah’ bagi keempat anaknya.

Sempat menekuni profesi sebagai guru TK di Cilacap dan Surabaya, Dea kini fokus menjadi sopir ojek online di Kota Pahlawan demi menafkahi keluarganya.

Pasca ditinggal suami, Dea memutuskan untuk menetap di Surabaya dan menjadi guru homeschooling TK.

“Saya sempat mengikuti pelatihan dari yayasan untuk mendapatkan sertifikat bukti layak mengajar. Namun semua hanya berjalan 6 bulan saja, saya memutuskan untuk berhenti lantaran pada saat itu penghasilan yang didapatkan sebagai guru TK tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama keempat anak saya,” tuturnya.

“Akhirnya, kerja sebagai sales multi level marketing dan kemudian memutuskan untuk bergabung menjadi mitra pengemudi GrabBike pada Februari 2019 hingga sekarang,” kenang Dea.

[Baca Juga: Peringatan Hari Ibu dan Kontribusi Mereka dalam Kemerdekaan]

Menjadi orang tua tunggal tidak lantas membuat Dea menyerah pada keadaan, tapi justru memacunya untuk tetap semangat menjalani profesi sebagai mitra pengemudi GrabBike.

Keberadaan anak-anaknya selalu memotivasi dirinya bekerja. Di samping itu, menjadi mitra pengemudi GrabBike memudahkan Dea untuk memperhatikan perkembangan pendidikan keempat anaknya.

“Selama dua tahun, pendapatan harian saya mengalami peningkatan sehingga bisa menafkahi keluarga, bahkan dapat memberikan pendidikan yang terbaik bagi keempat anak saya. Walaupun biayanya tidak murah, tapi saya memilih sekolah terbaik agar anak-anak saya bisa mengembangkan talentanya,” tegasnya.

Dengan menjadi mitra pengemudi GrabBike, Dea berharap dapat terus memberikan pendidikan terbaik bagi putranya terutama anak bungsunya yang saat ini masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Saya percaya, bahwa kecerdasan anak itu tidak hanya dapat dilihat dari nilai akademis saja tapi bisa melalui kecerdasan non akademik. Sehingga nantinya mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan bisa menggapai cita-citanya,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.