Iduladha Tiba, Ini 4 Olahan Daging Kambing Selain Sate

Kuliner

Iduladha Tiba, Ini 4 Olahan Daging Kambing Selain Sate

Iduladha sudah di depan mata, terlihat dari penjual ternak hewan yang mulai berjualan sapi, kambing, dan, domba di pinggiran jalan. Walau Anda belum berkesempatan untuk berkurban pada tahun ini, Anda harus mempersiapkan perayaan lebaran di rumah, salah satu yang sangat penting adalah menu hidangan yang akan disajikan di atas meja.

Pada hari Iduladha, penyajian daging kambing sangat khas. Pasalnya, saat pemotongan hewan kurban usai, Anda mungkin saja mendapatkan daging kambing yang diberikan dari masjid di dekat rumah Anda. Jika pada tahun-tahun sebelumnya Anda mengolah daging kambing menjadi sate, yuk coba menu hidangan baru tahun ini.

[Baca Juga: Jelang Iduladha, Begini Cara Bersihkan Daging yang Benar]

Merangkum dari berbagai sumber (31/7/2019) ini menu hidangan nikmat yang dibuat dari daging kambing yang bisa Anda coba.

Iduladha Tiba, Ini 4 Olahan Daging Kambing Selain Sate Kambing Rica Cabe Hijau

1. Kambing Rica Cabe Hijau

Anda bisa mencoba mengolah daging kambing yang dibalur dengan bumbu pedas khas Manado. Bumbu rica yang gurih dan kaya rempah ini sangat cocok dipadukan dengan daging kambing yang agak alot. Rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu rica seperti daun salam, daun jeruk, jahe, sereh, dan air asam mampu menghilangkan bau prengus dari daging kambing.

Iduladha Tiba, Ini 4 Olahan Daging Kambing Selain Sate Tongseng Kambing

2. Tongseng Kambing

Tongseng merupakan gulai dengan bumbu yang lebih kuat. Daging kambing sangat tepat diolah menjadi tongseng, agar tambah nikmat sajikan bersama kol dan tomat. Hidangan yang berasal dari Jawa Tengah ini biasanya menggunakan bahan santan, daun salam, lengkuas, serai, bawang merah dan putih, jahe, kunyit, cabai, dan kecap. Bahan-bahan tersebut juga mampu mengikat bau prengus khas daging kambing.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Pusat Pakai Bongsang untuk Daging Kurban pada Iduladha]

Iduladha Tiba, Ini 4 Olahan Daging Kambing Selain Sate Sop Kambing Asam Pedas

3. Sop Kambing Asam Pedas

Bosan dengan hidangan kambing yang menggunakan santan, namun ingin menikmati daging kambing yang segar dan hangat dengan kuah yang ringan? Anda bisa olah daging kambing dengan kuah asam pedas. Sop ini mudah dibuat karena hanya menggunakan rempah sederhana seperti serai, jeruk nipis, bawang merah putih, cabai, dan tomat hijau.

Iduladha Tiba, Ini 4 Olahan Daging Kambing Selain Sate Nasi Kebuli

4. Nasi Kebuli

Nasi kebuli merupakan hidangan nasi berbumbu asin dan gurih yang dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin. Biasanya nasi kebuli disajikan dengan kambing goreng dan ditaburi kurma atau kismis. Hidangan ini merupakan resapan dari budaya Arab yang masuk ke Indonesia dan sangat populer di Jakarta khususnya di warga keturunan Arab.

Itulah beberapa inspirasi hidangan Iduladha menggunakan daging kambing. Semoga tahun ini tidak makan sate lagi ya!


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.