Ikan Cupang Banyak Dilirik Pasar Amerika Serikat

Bisnis

Ikan Cupang Banyak Dilirik Pasar Amerika Serikat

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, pada seminar Temu Usaha Ikan Hias: Upaya Memperluas Pasar Ikan Hias, para pengusaha ikan hias didorong untuk melebarkan usahanya hingga ke luar negeri. Menariknya, salah satu pembicara pada seminar tersebut mengklaim langkah ini sudah sangat tepat, khususnya bagi para breeder ikan cupang di Jakarta. Pasalnya, ikan cupang merupakan salah satu dari lima besar ikan hias yang paling diminati konsumen di Amerika Serikat dan mereka berani membayar mahal untuk ikan jenis ini.

Hal ini disampaikan pemilik usaha Edy Tamtana Transhipping Service Handoko Edy Tamtana yang memiliki fokus bisnis transhipping ikan cupang dan gupi di Amerika Serikat. Pada sesi kedua seminar Temu Usaha Ikan Hias: Upaya Memperluas Pasar Ikan Hias yang diadakan di Swiss-Belresidences Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan itu, Handoko menjabarkan karakteristik konsumen ikan hias di Negeri Paman Sam.

Ikan Cupang Banyak Dilirik Pasar Amerika Serikat

“Untuk pasar Amerika Serikat, jumlah penduduknya sekitar 570 juta jiwa dan sekitar 10 persen memelihara ikan. Jadi hampir 57 juta memiliki ikan hias dan satu orang rata-rata memiliki delapan ekor ikan hias, ini merupakan average kasar. Dan 80 persen (ikan ini) diimpor dari negara-negara Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Hong Kong,” ucap Handoko (1/8/2019).

[Baca Juga: Depok Serius Budidayakan Ikan Cupang]

Menurut data yang dipaparkan Handoko, karakteristik penggemar ikan hias di Amerika Serikat agak berbeda dengan Indonesia. Mengingat mayoritas konsumen ikan hias di Tanah Air berasal dari kaum Adam sehingga pengusaha ikan hias di Indonesia lebih fokus kepada demografi tersebut. Namun jika pengusaha ikan hias serta breeder di Indonesia ingin mengincar pasar di Negeri Paman Sam maka fokus target konsumennya pun harus bergeser.

“Di Amerika 50 persen konsumen ikan hias adalah wanita jadi kalau saudara mencari pangsa pasar di sana, perhatikan juga pihak wanita di sana juga suka ikan hias yang profilnya terdiri dari (orang) kulit putih, Asia dan Latino.” Jelas pria yang sudah 20 tahun tinggal di Negeri Paman Sam tersebut kepada para peserta seminar yang diisi pengusaha ikan dari wilayah Jakarta.

Ikan Cupang Banyak Dilirik Pasar Amerika Serikat

Handoko mengatakan, ikan cupang merupakan komoditas yang dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha ikan hias di Jakarta jika ingin mencoba menjualnya di Amerika Serikat, karena ini jenis ikan yang populer di sana. “Untuk cupang yang populer adalah halfmoon, dumbo ear, plakat, dan giant. Satu poin penting untuk pembeli Amerika adalah mereka sebagian tidak mementingkan form tapi lebih penting visual, seperti warna dan motif yang unik,” sambungnya.

[Baca Juga: Mengintip Pasar Ikan Hias Radio Dalam]

Selain itu, tren ikan cupang yang saat ini juga banyak dibeli konsumen di Amerika Serikat adalah paket sorority female betta. Paket ini pada dasarnya menggambarkan ikan cupang betina dalam jumlah besar yang bisa dipelihara bersama dalam satu akuarium besar tanpa kekhawatiran mereka akan bertarung, seperti ikan cupang jantan.

Oleh karena itulah, Handoko mengajak para pengusaha ikan hias untuk melakukan pengaturan terhadap media sosialnya menjadi akun bisnis dan fokus menawarkan ikan cupang kepada berbagai grup pecinta ikan hias di negara Paman Sam. Hal ini guna mencoba menjangkau konsumen di sana yang kerap berani membeli ikan cupang dengan harga tinggi jika sesuai dengan selera mereka. Contoh yang ditunjukkan Handoko adalah seekor ikan cupang jenis Red Koi jantan yang dilelang di eBay dan laku USD395 atau sekira Rp5.620.257.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.