Ikut New Balance Run On 2019 Ini Tipsnya

Kesehatan

Ikut New Balance Run On 2019? Ini Tipsnya

Semua penggemar olahraga lari di kawasan Jabodetabek, saat ini masih terus menunggu digelarnya New Balance Run On 2019 yang siap diadakan di Qbig BSD City pada akhir pekan ini. Pihak Avrist Assurance selaku mitra utama asuransi kegiatan ini memberikan sejumlah tips untuk para pelari agar selama berjalannya New Balance Run On 2019, peserta mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan sekaligus untuk bersenang-senang melalui olahraga lari sejauh delapan kilometer ini.

Tips pertama disampaikan Direktur Keuangan PT Avrist Assurance Kan Tak Ho yang walau sudah berusia 51 tahun, masih terlihat bugar dan gemar mengikuti beragam event lari internasional. Contohnya adalah kegiatan full marathon sejauh 48 kilometer yang Kan Tak Ho pernah ikuti di Jepang yang ia lanjutkan dengan mengikuti Boston Marathon di Amerika Serikat.

Ikut New Balance Run On 2019 Ini Tipsnya

Menurutnya, poin yang penting dalam mengikuti kegiatan maraton adalah terkait pakaian yang kita gunakan saat berlari. “Saya pikir untuk pelari profesional dan bukan, akan lebih baik jika menggunakan sunglasses untuk melindungi mata,” ucap Kan Tak Ho dalam Media Briefing #CardioTalk di 100 Eatery and Bar, Hotel Atlet Century Park, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (12/9/2019).

Selain itu, menurut Kan Tak Ho, hal yang juga penting adalah Anda lebih baik menghindari menggunakan baju atau sepatu baru. Karena bisa saja hal ini cenderung membuat Anda tidak nyaman ketika berlari atau menyebabkan rasa nyeri di kaki yang berasal dari efek sepatu baru.

[Baca Juga: Mengenal Ultramarathon dan Bedaannya dengan Lari Jarak Jauh Lain]

Ia melanjutkan, agar Anda tidak terlalu memperhatikan peserta lain yang berlari lebih cepat atau melewati Anda. Karena menurutnya, lebih baik Anda sendiri yang menentukan kecepatan serta cara untuk menyelesaikan New Balance Run On 2019 dibandingkan memaksakan diri sehingga tidak bisa menikmati proses kegiatan lari maraton tersebut yang sebenarnya menyehatkan sekaligu menyenangkan.

Tips lainnya disampaikan oleh Medical Practitioner PT Avris Assurance dr. Herman Irawan. Di mana ia lebih fokus pada persiapan Anda sebelum berlari, khususnya dari sisi asupan serta pemanasan. “Kalau persiapan fisik itu, olahraga apapun yang pertama itu adalah makanan yang kita makan sudah terserap sempurna dan menjadi energi,” ujarnya.

[Baca Juga: Komunitas Tange-Run, Kenalkan Kota Tangerang dengan Berlari]

Oleh karena itulah, jika Anda mengikuti New Balance Run On 2019 menurut dr. Herman, ada baiknya Anda sarapan dua atau tiga jam sebelum mulai berlari. Ia menyebut, asupan merupakan hal yang penting sebelum berolahraga demi energi tapi harus memastikan waktunya memang sudah berselang dua hingga tiga jam. Namun Ia menegaskan, jangan pernah berolahraga setengah jam usai makan, karena justru ini akan memicu rasa mual akibat asupan yang kita konsumsi belum menjadi energi.

“Persiapan yang paling penting lainnya adalah pemanasan. Dengan pemanasan itu yang pertama otot kaki untuk mencegah kram yang kedua itu otot jantung itu untuk mencegah fluktuasi tekanan jantung yang begitu hebatnya yang bisa menimbulkan stroke, jantung dan lain-lain,” kata dr. Herman.

Ia menambahkan, normalnya pemanasan waktunya adalah 10 sampai 20 menit dengan suhu yang sama dengan lokasi olahraga larinya. Pemanasan yang dilakukan menurut dr. Herman cukup dengan peregangan dan lari-lari kecil dengan kecepatan yang stabil sebagai persiapan untuk mulai berlari di New Balance Run On 2019.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.