Ikut rapid Test Sebelum UTBK SBMPTN Surabaya, Puluhan Peserta Reaktif!.jpg

Pendidikan

Ikut Rapid Test Sebelum UTBK SBMPTN Surabaya, Puluhan Peserta Reaktif!

Sejak 5 Juli 2020 semua orang yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi negeri atau PTN di Indonesia harus melalui proses Usian Tulis Berbasis Komputer (UBTK) 2020 sebagai bagian dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Mengingat tes ini tak digelar online maka terdapat protokol kesehatan serta syarat yang perlu dipenuhi demi mengantisipasi COVID-19. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pun pada pekan lalu memberikan rapid test COVID-19 gratis untuk para peserta sebelum mereka datang ke lokasi ujian UBTK. Ternyata terdeteksi ada puluhan peserta yang reaktif.

Pemkot Surabaya sendiri sudah menggelar rapid test COVID-19 gratis itu pada pekan lalu yang dimulai pada 3 Juli 2020. Di mana sampai 5 Juli 2020, terhitung ada lebih dari 700 warga Surabaya yang mengikuti rapid test COVID-19 gratis ini demi bisa mengikuti UBTK. Screening untuk mendeteksi penyakit yang dipicu virus SARS-CoV-2 itu digelar di 63 puskemas yang tersebar di berbagai wilayah Kota Pahlawan tersebut.

“Sudah berjalan tiga hari kemarin (Jumat-Minggu) sebanyak 740 calon mahasiswa yang sudah di-rapid test,” ucap Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya Febria Rachmanita, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.id (6/7/2020).

Ikut rapid Test Sebelum UTBK SBMPTN Surabaya, Puluhan Peserta Reaktif! .jpg

Namun sayangnya, tak semua dari calon peserta UTBK itu diberikan lampu hijau untuk mengikuti ujian untuk SBMPTN tersebut. Pasalnya dari ratusan calon mahasiswa itu terdeteksi ada sekitar 49 orang yang memunculkan hasil yang reaktif. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya pun langsung merespons penemuan itu dengan mengadakan uji swab terhadap puluhan peserta UBTK itu dan mengarahkan mereka untuk menjalani karantina.

“Langsung saya buatkan rujukan untuk di-test swab. Menggunakan mobil PCR milik BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) yang saat ini masih keliling di Kota Surabaya, supaya cepat,” sebutnya. Kemudian pihak Dinas Kesehatan Kota Surabaya pun langsung membawa puluhan calon peserta UTBK tersebut ke hotel di Kota Pahlawan guna menjalani isolasi mandiri.

Walau mereka batal ikut tes yang sudah dimulai sejak kemarin itu, pihak Pemkot Surabaya memastikan mereka tetap bisa mengikuti SBMPTN. Dengan Febria yang menyebut, pihak kampus yang menyelenggarakan UTBK akan melakukan penjadwalan ulang bagi 49 calon mahasiswa tersebut dan puluhan orang itu pun dapat memanfaatkan waktu di momen isolasi mandiri untuk belajar kembali sebelum tes.

Jika hasil tes swab COVID-19 menunjukkan mereka negatif maka 49 orang itu akan diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing. Namun bila ditemukan ada yang positif maka mereka akan dirawat di Hotel Asrama Haji


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.