Ikuti 4 Cara Ini Untuk Kurangi Kecanduan Ponsel Pintar

Kesehatan

Ikuti 4 Cara Ini untuk Kurangi Kecanduan Ponsel Pintar

Ponsel pintar memang membantu kinerja seseorang di era digital seperti ini. semua hal bisa terjadi di ujung jari. Namun sayangnya hal ini terkadang membuat seseorang atau mungkin Anda tak bisa lepas dari kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan ponsel pintar. Terkadang Anda jadi mengabaikan proses komunikasi langsung dan mengurangi tingkat sosialisasi antarmanusia.

Inovasi memang memberikan manfaat tapi juga bahaya di saat yang bersamaan. Kebanyakan orang kini jadi ketergantungan dengan ponsel. Membuang waktu berjam-jam untuk menjelajahi media sosial kini jadi hal yang lumrah.

Ikuti 4 Cara Ini Untuk Kurangi Kecanduan Ponsel Pintar

Penelitian bahkan menunjukkan, penggunaan ponsel pintar dapat mengubah unsur kimia dalam otak dengan cara yang sangat merusak kesehatan mental, mengurangi produktivitas, dan menghambat hubungan dan kemampuan untuk terhubung dengan orang lain. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengurangi penggunaan ponsel mulai sekarang. Melansir dari huffpost.com (18/11/2019) berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi penggunaan ponsel.

[Baca Juga: Kecanduan Media Sosial Nggak Enak, Ini Keuntungan Puasa Medsos]

1) Non-aktifkan Notifikasi

Sebuah penelitian membuktikan, notifikasi akan meningkatkan kandungan dopamine dalam tubuh sehingga mengeratkan hubungan Anda dengan ponsel. Saat Anda meng-instal aplikasi baru, pilih untuk tidak mengaktifkan notifikasi. Karena jika ponsel Anda memiliki banyak notifikasi, Anda akan semakin sering melihatnya. Pastikan notifikasi hanya untuk aplikasi yang penting seperti chatting apps dan kalender.

2) Ubah Posisi Aplikasi pada Ponsel

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengurangi penggunaan ponsel adalah dengan mengubah posisi aplikasi. Misalnya dengan meletakkan aplikasi yang biasa Anda gunakan pada slide paling akhir, posisi paling bawah, atau membuat folder tersendiri. Walaupun Anda tetap membuka aplikasinya, namun dibutuhkan beberapa langkah untuk membukanya. Hal ini membuat Anda mungkin akan berpikir beberapa kali untuk membuka aplikasi jika tak ada kepentingan.

3) Jangan Menggunakan Mode Getar

Jangan gunakan mode getar di ponsel saat Anda bekerja, lebih baik gunakan mode diam dan letakkan ponsel secara terbalik. Getaran yang ditimbulkan ponsel akan membuat Anda ingin membuka ponsel terus menerus.

4) Atur Limit Aplikasi

Aplikasi seperti Instagram memiliki fitur untuk membatasi pemakaian aplikasi. Anda bebas memilih berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi. Saat sudah melewati batas waktu, akan ada notifikasi khusus. Jika Anda pengguna IPhone, ada pula App Limits yang membantu melihat penggunaan aplikasi per minggu atau per hari.

[Baca Juga: Ini Trik Agar Anak Tak Kecanduan Gawai]

Itulah beberapa cara untuk mengurangi ketergantungan pada ponsel yang bisa Anda aplikasikan kapan pun.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.