Ikuti Tips Ini untuk Tidur Lebih Cepat

Kesehatan

Ikuti 6 Tips Ini untuk Tidur Lebih Cepat

Banyak orang yang sangat susah tidur. Tubuh yang lelah setelah beraktivitas seharian yang telah dilewatinya belum tentu membuat seseorang itu cepat tertidur. Bagaimana agar cepat tertidur sehingga tubuh bisa mendapatkan istirahat yang cukup? Berikut ulasannya yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber (3/9/2019). Semoga bisa mengatasi masalah tidur Anda!

Ikuti Tips Ini untuk Tidur Lebih Cepat

1. Hirup Aroma Lavender

Tidak hanya aroma lavender yang begitu wangi dan menenangkan, tetapi aroma ramuan dari bunga ini juga dapat melemaskan saraf Anda, menurunkan tekanan darah, dan membuat Anda dalam keadaan santai. Sebuah studi tahun 2005 di Universitas Wesleyan menemukan bahwa subjek yang menghirup minyak lavender selama dua menit sebelum waktu tidur. Menghirup aroma lavender dapat membuat Anda tidur nyenyak dan lebih segar ketika bangun.

2. Minum Susu

Susu memiliki zat triptofan yang menghasilkan hormon melatonin sehingga membuat tidur Anda nyenyak. Minumlah susu hangat sebelum Anda tidur. Tentunya hal ini dapat membuat Anda tidur lebih cepat.

3. Dinginkan Kamar

merekomendasikan suhu kamar tidur 60 hingga 67 derajat F untuk kondisi paling ramah tidur. Kamar yang sejuk dan gelap akan membuat Anda tertidur lebih cepat. Saat gelap, otak mengisyaratkan Anda

4. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat satu jam sebelum tidur akan membuat suhu tubuh Anda turun lebih cepat. Penurunan suhu tubuh ini memperlambat metabolisme Anda dan mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur.

5. Pakai Kaus Kaki

Para peneliti dari sebuah penelitian Swiss yang diterbitkan dalam jurnal Nature menunjukkan bahwa kaki dan tangan yang hangat adalah prediktor terbaik untuk tidur cepat.

Ikuti Tips Ini untuk Tidur Lebih Cepat

6. Gunakan Teknik 4-7-8

Cobalah teknik pernapasan 4-7-8 yang disarankan dr. Andrew Weil seperti yang dilansir dari laman sleepfoundation.org (02/09/2019). Teknik ini membantu Anda agar lebih cepat tidur. Lakukan teknik ini kurang dari satu menit. Dengan melakukan teknik ini bisa menenangkan Anda. Caranya:

  • Posisikan ujung lidah menempel di langit-langit mulut, tepat di belakang deretan gigi atas Anda. Tahan posisi ini sampai langkah terakhir.
  • Buang napas melalui mulut pelan-pelan, sampai ada bunyi desis angin yang keluar.
  • Katupkan kedua bibir Anda dan tarik napas dalam melalui hidung sembari menghitung sampai empat.
  • Tahan napas sambil menghitung sampai tujuh dalam hati.
  • Buang napas lewat mulut dalam hitungan sampai delapan.
  • Ulangi teknik ini dari awal hingga langkah ke lima sebanyak tiga kali. Totalnya Anda akan melakukan teknik ini sebanyak empat kali.

Tidur yang cukup dengan kualitas yang baik akan membuat jiwa dan raga Anda sehat. Semoga enam tips di atas bermanfaat untuk Anda yang susah tidur cepat.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.