Ikuti Instruksi Presiden, Ganjar Pastikan Tak Izinkan Acara yang Picu Kerumunan.jpg

Berita Kawasan

Ikuti Instruksi Presiden, Ganjar Pastikan Tak Izinkan Acara yang Picu Kerumunan

Pada awal pekan ini, Presiden Joko Widodo angkat bicara terkait polemik kerumuman dalam jumlah sangat besar di kurun beberapa waktu terakhir padahal saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19. Pria yang akrab disapa itu Jokowi itu dengan tegas meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk mengingatkan semua kepala daerah untuk tak ikut berkerumun dan memberikan contoh yang tidak baik untuk masyarakat. Sesuai dengan instruksi dari Jokowi itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pronowo menegaskan tak akan memberikan izin acara yang dapat memicu kerumuman seperti yang terjadi di DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Ganjar, hingga saat ini memang pihaknya tak akan mengizinkan digelarnya acara yang berpotensi memicu kerumunan. Bahkan jika memang harus menggelar acara tertentu maka sebelum Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah memberikan lampu hijau, Ganjar menegaskan, acara tersebut harus memiliki izin khusus dari kepolisian dan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Jawa Tengah.

Ikuti Instruksi Presiden, Ganjar Pastikan Tak Izinkan Acara yang Picu Kerumun an.jpg

Izin tersebut disinyalir untuk memastikan penyelenggara acara memang memastikan menerapkan protokol kesehatan sekaligus dapat langsung didampingi agar adanya pengawasan selama berjalannya acara. “Agar kita bisa melakukan pendampingan dan pengecekan. Tapi yang sifatnya rame-rame tidak diizinkan,” ujar Gubernur Jawa Tengah itu, sebagaimana dikutip dari jatengprov.go.id (18/11/2020).

Dari sisi Pemprov Jawa Tengah sendiri diklaim terus melakukan langkah pendisiplinan terhadap masyarakat yang melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Dari mulai operasi yustisi dan penjatuhan sanksi juga masih belum dihentikan. Oleh karena itulah ia meminta semua pihak, termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menahan diri tak menggelar acara yang dapat memicu kerumunan.

[Baca Juga: Berbeda dengan Arahan Menteri, Jawa Tengah Putuskan UMP 2021 Naik]

Ganjar Pranowo bahkan memberikan apresiasinya kepada Habib Luthfi yang mengundurkan penyelenggaraan acara Maulid Akbar di Kanzus Sholawat yang harusnya digelar pada 22 November diundur menjadi 20 Desember 2020. Dengan Habib Luthfi yang diwartakan memilih untuk menggelar usai Pilkada Serentak 2020 sehingga acaranya dapat menjadi penyejuk suasana nasional.

Ganjar menambahkan, dari pihaknya sebenarnya tak melarang acara tapi memang ada hal-hal yang harus dipastikan panitia penyelenggara sebelum menggelarnya. “Sebenarnya kalau semua mau menyiapkan dengan protokol yang baik, nggak apa-apa kok. Dibatasi jumlahnya, diatur, duduknya berjarak, pakai masker, di situ ada protokolnya kan aman. Inilah yang disebut sebagai adaptasi kebiasaan baru,” pungkasnya.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Octavia 2 weeks, 1 day lalu
    octavia

    Ayo kunjungi Dupa88.org , ada promo BOnus kalah ganti 100% menanti anda , tunggu apa lagi , maru bergabung dengan dupa88, dan jadilah jutawan link : https://biolinky.co/gameonlinedupa88

  • Anisa 2 weeks, 2 days lalu
    anisa

    QQHarian merupakan Agen Best Betting Online Indonesia Terlengkap, Terpercaya, Terbaik, Terpopuler & Terbesar. Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan Memberikan Promo Terbaru nya Ke semua member ( Baik Member Baru Maupun Member Setia QQHarian ) Untuk Game SPORTSBOOK ialah EVENT PESTA GOAL BONUS CUMA - CUMA IDR. 1.000.000,- Info lanjut QQHarian Buka Link Di Bawah 👇 = 🏹 ( <a href="https://qqharian.cc/" title="Best Betting Online" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian</a> ) 🏹 https://biolinky.co/linkgameonline ( Link Alternatif QQHarian ) 🏹 www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )