Ikuti Jejak Citayam Fashion Week, Tunjungan Fashion Week Picu Pro Kontra.jpg

Berita Kawasan

Ikuti Jejak Citayam Fashion Week, Tunjungan Fashion Week Picu Pro Kontra

Saat ini Ciyatam Fashion Week masih terus berlangsung di wilayah Dukuh Atas Jakarta Pusat, bahkan disinyalir semakin banyak anak muda dari Jabodetabek yang berdatangan sembari menunjukkan gaya busana “local pride” ala mereka. Aksi anak muda ini ternyata memunculkan inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk mengikuti jejak mereka dengan mengadakan kegiatan yang serupa di wilayah mereka. Salah satunya bisa dilihat di Kota Surabaya dengan Tunjungan Fashion Week dan aksi ini ternyata turut menuai pro kontra dengan tak sedikit warga yang mengeluhkan kegiatan peragaan busana tersebut menganggu lalu lintas.

Tunjungan Fashion Week sendiri diawali pada pekan lalu usai seorang kreator konten bernama Divadboel menggunakan pakaian karya desainer asli Suroboyo, yakni Eko Rudianto dan menyeberang di zebra cross Jalan Tunjungan sembari jalan bak di catwalk. Aksi ini pun diikuti oleh kreator konten lainnya di Kota Pahlawan yang ingin menunjukkan gaya ala street fashion di Jalan Tunjungan. Menariknya tak sedikit aksi fesyen di Jalan Tunjungan ini dipandang lebih modis ala-ala high fashion bila dibandingkan Citayam Fashion Week.

Ikuti Jejak Citayam Fashion Week, Tunjungan Fashion Week Picu Pro Kontr a.jpg

Lambat laun Tunjungan Fashion Week pun muncul dan memicu perhatian warga Kota Surabaya serta sekitarnya dengan semakin banyak kreator konten yang datang untuk ikut beraksi layaknya model di atas catwalk. Namun aksi ini pun menuai pro kontra dari masyarakat yang banyak mengeluhkan bahwa walau ini kreatif tapi sayangnya memicu kemacetan panjang di jalan. Puncak kemacetan ini terjadi pada akhir pekan lalu dan akhirnya membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bergerak untuk membubarkannya pada 24 Juli 2022 malam.

“Kemarin kita hentikan kegiatan 'Tunjungan Fashion Week' di kawasan Jalan Tunjungan. Ini bukan soal tidak pro kreasi atau pro kreasi khas anak muda. Tapi ini soal kebaikan bersama, kenyamanan pengguna jalan, dan aktivitas yang tidak menimbulkan kemacetan,” ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, sebagaimana dikutip dari Surabaya.go.id (25/7/2022).

[Baca Juga: Ramai Soal Citayam Fashion Week, Ini Pandangan Pakar Unair]

Seperti yang diungkapkan di atas, Eri menegaskan bahwa pihaknya mendukung kreasi para anak muda Suroboyo asal dilakukan di tempat atau waktu yang tepat dan tak menganggu masyarakat lainnya. Ia mengizinkan Tunjungan Fashion Week ini misalnya digelar secara teratur dan berizin di momen Car Free Day atau CFD Surabaya atau bahkan di Balai Pemuda serta ruang terbuka hijau lainnya di Kota Pahlawan dengan konsep pakaian yang mampu menginspirasi publik.

“Soal konsep outfit-nya, silahkan berkreasi. Namun, harus tetap menginspirasi, ojok pating pecotot (tidak rapi) dan sing gak karu-karuan (tidak pantas), juga harus mencerminkan karakter khas arek Suroboyo,” tambahnya.

Hal yang senada juga disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. Ia menyampaikan Tunjungan Fashion Week merupakan hal yang positif di dunia mode Jawa Timur tapi tetap harus memperhatikan kenyamanan masyarakat. “Saya mendukung adanya kreasi fesyen di trotoar, tapi saya dengar di Tunjungan sampai bikin macet. Nah, saya selalu tekankan untuk memikirkan aspek lalu lintas menjadi penting,” tutupnya, sebagaimana dikutip dari Antaranews.com (25/7/2022).


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.