Ikuti Program Digital Talent Scholarship 2019 dari Kementerian Kominfo

Pendidikan

Ikuti Program Digital Talent Scholarship 2019 Kementerian Kominfo

Kementrian Kominfo membuat sebuah pilot project guna mendorong generasi muda di Indonesia agar mampu unjuk gigi dalam persaingan di era digital. Hal itu dibuktikan dengan menggagas beasiswa pelatihan bidang teknologi informasi dan komunikasi yang bertajuk Digital Talent Scholarship (DTS) 2019.

Program ini memberikan kesempatan bagi 25.000 anak muda untuk mendapat beasiswa di bidang Artifical Intelligence, Big Data, Cloud Computing, Cyber Security, Internet of Things, dan Machine Learning. Program yang sedang dijalankan ini juga bertujuan untuk menyambut Revolusi Industri 4.0 sebagaimana diutarakan Menteri Kominfo Rudiantara.

Ikuti Program Digital Talent Scholarship 2019 dari Kementerian Kominfo

Sebanyak 25.000 kursi beasiswa yang disediakan, Kementrian Kominfo menggandeng deretan perusahaan teknologi global, startup lokal, politeknik serta universitas baik negeri maupun swasta. Dalam program DTS 2019, Kementerian Kominfo juga melibatkan dunia usaha dan industri untuk menyelaraskan kebutuhan sumberdaya manusia di bidang teknologi informasi dan komunikasi sebagaimana mengutip dari laman kominfo.go.id (2/5/2019).

[Baca Juga: Diskominfo Mudahkan Pelayanan dengan Aplikasi Depok Single Window]

“Kementerian Kominfo membuat pilot project yang diharapkan menjadi salah satu solusi atas adanya bagian yang hilang dari sistem pendidikan formal dewasa ini, yaitu belum ada keselarasan materi ajar dengan kebutuhan industri, utamanya di bidang teknis,” ujar Rudiantara.

Melalui program DTS 2019, Kementerian Kominfo memahami bahwa pekerjaan saat ini sangat kuat dibentuk dari perubahan teknologi. Sehingga, inilah saatnya untuk mengutamakan pengembangan keterampilan dan sumber daya manusia demi ekonomi Indonesia yang gemilang di masa depan.

[Baca Juga: IndoSterling Forum: Milenial Tertarik Bangun Bisnis Startup]

Program DTS 2019 kali ini dibagi menjadi empat akademi yang akan berlangsung secara tatap muka, daring, dan kombinasi keduanya. Berikut empat kategori akademi sebagaimana dirilis kominfo.go.id (2/5/2019).

  • Kategori I : Fresh Graduate Academy bagi lulusan S1/D3 dengan model pembelajaran tatap muka selama 144 jam pelajaran.
  • Kategori II : Coding Teacher Academy bagi tenaga pengajar SMK dengan model pembelajaran kombinasi tatap muka dan daring selama 70 jam pelajaran.
  • Kategori III : Vocational School Graduate Academy bagi lulusan SMK yang juga akan diselaraskan dengan model sertifikasi SKKNI selama 72 jam pelajaran.
  • Kategori IV : Online Academy bagi pelamar di luar tiga kategori sasaran di atas (pelaku industri, ASN/PNS, TNI/POLRI, dan umum) selama 70 jam pelajaran.

[Baca Juga: Markoding Melatih Coding 87 Siswa Tak Mampu di Jakarta Timur]

Selain materi teknis, program DTS 2019 juga menyediakan beasiswa pelatihan kewirausahaan digital dan pendampingan pasca-pelatihan untuk mendapatkan posisi magang atau pekerjaan bagi peserta yang terpilih. Pendaftaran DTS 2019 sudah dibuka sejak 20 April 2019, dan akan ditutup pada tanggal 19 Mei 2019 pukul 23.59.

Bagi Anda yang ingin mengikuti program beasiswa dari Kementrian Kominfo ini, bisa mengakses digitalent.kominfo.go.id untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut.

Read More

Artikel Lainnya

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kesehatan

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

18 August 2019, 20:00  |  3 Views

Untuk meningkatkan kepedulian serta mendorong wanita untuk melakukan deteksi dini kanker, Kampung Kepo diresmikan.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Properti dan Solusi

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

18 August 2019, 19:00  |  3 Views

Biasanya ampas kopi selalu berakhir di tempat sampah, namun ternyata endapan hasil akhir dari minuman lezat ini masih dapat Anda manfaatkan.

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

Bisnis

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

18 August 2019, 18:00  |  6 Views

GoPay menjadi uang elektronik pertama yang dapat menjadi opsi pembayaran biaya kirim barang melalui JNE. Kirim barang pun jadi lebih praktis.

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

Kesehatan

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

18 August 2019, 17:00  |  5 Views

Kader JKN berperan aktif menyukseskan Program JKN-KIS. Selain itu, berbagi informasi dan membawa manfaat kepada masyarakat.


Comments


Please Login to leave a comment.