Warga Penjaringan Hadiri Edukasi Virus Corona

Kesehatan

Ilmuwan dari HKUST Temukan Formula untuk Lawan Virus Corona

Menyebarnya virus corona atau yang resmi dikenal sebagai COVID-19 ini, membuat para ilmuan berjuang untuk menciptakan sebuah vaksin yang dapat melawan COVID-19. Termasuk tim ilmuan dari Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong (HKUST) yang baru-baru ini menemukan sebuah petunjuk penting untuk melawan novel pneumonia atau COVID-19 yang disebabkan oleh virus.

Dalam sebuah jurnal sciencedaily.com (02/03/2020), tim yang dipimpin para ilmuwan data dari universitas tersebut, yaitu Profesor di Departemen Teknik Elektronik & Komputer dan Teknik Kimia & Biologis Prof. Matthew McKay dan Pasca Doktoral di Departemen Teknik Elektronik & Komputer Dr. Ahmed Abdul Quadeer. Mereka telah berhasil mengidentifikasi satu set episop sel B dan sel T yang berasal dari SARS-CoV yang persis sama dengan SARS-CoV-2.

Ilmuwan dari HKUST Temukan Formula untuk Lawan Virus Corona

Untuk diketahui, epitop adalah biomarker yang dikenal sistem kekebalan untuk memicu tindakan melawan virus. Dalam penelitiannya, mereka menemukan hanya sekitar 20 persen dari epitop SARS-CoV yang sama dengan SARS-CoV-2. "Meskipun terdapat kesamaan antara SARS-CoV dan SARS-CoV-2, yaitu adanya variasi genetik di antara keduanya. Namun, tidak jelas apakah epitop yang memperoleh respons kekebalan terhadap SARS-CoV kemungkinan akan efektif juga terhadap SARS- CoV-2,” jelas McKay.

[Baca Juga: Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya]

Mereka mencoba untuk membantu tahap awal pengembangan vaksin, dengan memberikan rekomendasi epitop spesifik yang berpotensi dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam desain vaksin.

Melansir laman xinhuanet.com (02/03/2020). Tim tersebut juga melakukan analisis cakupan populasi dan menemukan bahwa epitope sel T yang teridentifikasi dalam penelitian ini memiliki kemampuan untuk menginduksi respons imun pada sebagian besar populasi selama wabah SARS.

[Baca Juga: Ini Arti Dari Istilah 'Super-Spreader' Virus Corona]

“Jika set epitop ini terdapat dalam virus COVID-19, vaksin yang dikembangkan dari epitop tersebut juga berpotensi efektif pada sebagian besar populasi,” kata Ahmed Abdul Quadeer.

Sekadar informasi, Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong (HKUST) adalah universitas riset kelas dunia yang fokus pada sains, teknologi, dan bisnis, serta humaniora dan ilmu sosial. HKUST menawarkan kampus internasional, dan pedagogi holistik dan interdisipliner untuk membina lulusan yang berpengetahuan luas dengan visi global, semangat wirausaha yang kuat, dan pemikiran inovatif.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.