ads
Ilmuwan Selangkah Lebih Maju dalam Penyembuhan PCOS

Kesehatan

Ilmuwan Selangkah Lebih Maju dalam Penyembuhan PCOS

Satu dari sepuluh perempuan usia subur menderita sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS), suatu kondisi yang mengganggu hormon dan mencegah ovulasi. "PCOS adalah gangguan endokrin yang merupakan salah satu penyebab utama kemandulan," kata Damian P. Alagia III, MD, direktur medis kesehatan wanita di Quest Diagnostics seperti dilansir dari rd.com (9/4/2019).

"Namun, kami belum tahu banyak tentang penyebab akarnya dan secara tradisional percaya itu disebabkan campuran faktor genetik dan mungkin lingkungan." Ini adalah hal-hal yang perlu diketahui setiap perempuan tentang PCOS.

[Baca Juga: Tips Mencegah Kulit Iritasi Akibat Pembalut]

Untuk menemukan penyebab PCOS, para ilmuwan di Perancis mengamati kadar zat yang disebut hormon anti-Mullerian (AMH). AMH disekresi dalam sistem reproduksi dengan mengembangkan kantung telur. Dalam penelitian sebelumnya, tingkat AMH yang lebih tinggi dari normal telah terlihat pada perempuan dengan PCOS.

“Para peneliti di Inserm di Perancis (mitra Perancis untuk CDC kami), mencatat bahwa wanita hamil dengan PCOS memiliki tingkat AMH 30 persen lebih tinggi, dibandingkan dengan wanita tanpa kondisi tersebut,” kata Dr. Alagria, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Para ilmuwan Perancis berteori bahwa AMH yang tinggi dalam kehamilan dapat memengaruhi perkembangan wanita di dalam rahim. Bisakah hormon tingkat tinggi secara efektif "menurunkan" PCOS sebelum kelahiran?

[Baca Juga: Kenali dan Pahami Gejala Penyakit Autoimun]

"Untuk melihat apakah AMH berlebihan dalam kehamilan berkontribusi pada PCOS pada anak perempuan, para peneliti mengekspos tikus hamil ke AMH. Mereka menemukan bahwa keturunan perempuan lebih cenderung memiliki PCOS dan androgen berlebihan (hormon pria seperti testosterone), fitur umum dari PCOS," kata Dr. Alagria.

Hasilnya menunjukkan bahwa para pakar sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana PCOS dimulai. "Kesimpulan peneliti adalah bahwa kelebihan hormon mengakibatkan stimulasi berlebih pada subset sel-sel otak yang mengarah pada peningkatan kadar testosteron, menunjukkan PCOS mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon bahkan sebelum kelahiran," kata Dr. Alagria.

Potensi Pengobatan Selanjutnya

Yang lebih menarik adalah potensi pengobatan di masa mendatang. "Yang benar-benar baru adalah bahwa para peneliti menemukan bahwa jika tikus diberi cetrorelix, obat IVF, untuk mengendalikan kadar hormon wanita, PCOS berkurang," kata Dr. Alagria.

Dia menambahkan, hal tersebut menunjukkan bahwa pada waktunya, cetrorelix atau obat IVF lainnya mungkin memiliki potensi pada manusia untuk mengembalikan ovulasi dan bahkan meningkatkan tingkat kehamilan pada wanita dengan PCOS.

[Baca Juga: Mengenal Infeksi Saluran Kemih pada Wanita]

Tentu saja, penelitian ini baru pada tikus. Para peneliti perlu melakukan pengujian obat-obatan yang ketat dan menetapkan pedoman medis sebelum ini siap untuk digunakan pada manusia. Saat ini, perempuan dengan PCOS dapat mengunjungi situs web Layanan Kesehatan & Kemanusiaan A.S. untuk mencari uji klinis jika mereka tertarik untuk membantu penelitian semacam itu, saran Dr. Alagria.

Sampai penyembuhan tersedia, perempuan dengan menstruasi tidak teratur atau gejala PCOS lainnya harus mengunjungi dokter, jangan hanya ketika sedang berusaha untuk hamil. Kondisi ini juga berhubungan dengan perdarahan uterus, kanker endometrium, sindrom metabolik, dan diabetes tipe 2, jadi penting untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Jika Anda memiliki PCOS, perlu skrining pula untuk gangguan-gangguan kesehatan tersebut.

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads