Bikin Hand Sanitizer Sendiri Mudah Kok, Begini Caranya

Bisnis

ILUNI UI Ajak Masyarakat Donasi Buat Hand Sanitizer

Kebutuhan akan hand sanitizer kini menjadi sangat penting. Sebab, produk hand sanitizer menjadi salah satu cara yang dapat digunakan masyarakat untuk membantu penyebaran Virus Corona jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan. Sayangnya, tidak semua masyarakat dapat memiliki produk ini karena ketersediaan produk yang terbatas hingga harganya yang mengalami peningkatan.

Guna mencegah penyebaran Covid-19, Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNIUI) bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran UI mengajak masyarakat untuk berdonasi membuat Kimi Hand Care. Dilansir dari akun resmi instagram Iluni.UI (17/3/2020), Kimi Hand-Care merupakan produk hand sanitizer buatan Departemen Kimia Fakultas Kedokteran UI.

ILUNI UI Ajak Masyarakat Donasi Buat Hand Sanitizer

Produk Kimi Hand Care mengandung komposisi Isopropyl Alcohol, Hydrogen peroxide dan Glycerol. Produk ini akan dibagikan kepada masyarakat dan institusi yang membutuhkan secara gratis. Satu botol Kimi Hand Care berisi 100 ml.

[Baca Juga: Cegah Virus Corona, LIPI Produksi Hand Sanitizer]

Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian bersama Dekan FKUI Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD menyatakan siap berkolaborasi untuk membantu Gugus Tugas Penanganan COVID-19. Selain itu, keduanya juga menyatakan akan membantu koordinasi bidang kesehatan dan menerjunkan tenaga medis.

Sebagai bagian dari pendekatan berbasis komunitas, ILUNI UI juga menyatakan siap untuk mengajak alumni dari rumpun kesehatan dan juga komunitas ILUNI lainnya. Sementara itu, FK UI juga menyarankan agar semua laboratorium yang memiliki kemampuan diizinkan untuk melakukan tes dengan koordinasi Litbang Kemenkes.

[Baca Juga: Apakah Hand Sanitizer Efektif Melawan Virus Corona?]

Sebelumnya, Departemen Kimia Kedokteran FK UI mencari relawan untuk bergabung membuat hand sanitizer (16/3/2020). Produk hand sanitizer ini nantinya akan dibagikan ke rumah sakit dan sekolah-sekolah.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.