Imbas Corona, Pemerintah Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata

Bisnis

Imbas Corona, Pemerintah Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata

Merebaknya Virus Corona atau COVID-19 belakangan ini berimbas langsung terhadap sektor pariwisata di tanah air. Beberapa destinasi wisata seperti Bali, Manado dan Kepulauan Riau dikabarkan mengalami penurunan jumlah wisatawan secara signifikan. Otomatis hal itu berpengaruh langsung terhadap pendapatan daerah.

Negara-negara lain terus waspada di tengah kejadian luar biasa penyebaran COVID-19 dengan membatasi penerbangan ke atau dari negara-negara yang ditemukan banyak Virus Corona. Berbeda dengan negara lain di Asia Tenggara, Indonesia justru melakukan banyak cara untuk mengembalikan jumlah kunjungan wisatawan.

Imbas Corona, Pemerintah Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah pun memutuskan untuk memberi intensif sebesar 50 persen untuk tiket penerbangan ke 10 destinasi wisata di Indonesia. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, 10 destinasi tersebut adalah Bali, Malang, Yogyakarta, Labuhan Bajo, dan Lombok. Selanjutnya, Batam, Manado, Silangit, Tanjung Pinang dan Tanjung Pandan.

"Sesuai arahan Pak Presiden. Transportasi udara berikan insentif penumpang ke 10 destinasi pariwisata. Lalu ini dilakukan dalam jangka waktu tiga bulan selama low season, mulai bulan Maret," ujar Budi.

[Baca Juga: Begini Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Rencana Liburan 2020]

Total insentif yang dianggarkan pemerintah untuk menggenjot sektor pariwisata yang terdampak wabah Virus Corona diperkirakan mencapai Rp860 miliar. Rinciannya, Rp500 miliar berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sektor pariwisata, Rp100 miliar dari Angkasa Pura 1 dan Angkasa Pura 2 untuk bea Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) dan dari PT Pertamina (Persero) sekitar Rp260 miliar melalui diskon harga avtur.

Sementara itu, untuk potongan harga yang diberikan akan dibagi ke dalam tiga kategori. Untuk kategori pertama yakni penumpang maskapai full service, nantinya mendapatkan potongan harga tiket hingga 45 persen.

Imbas Corona, Pemerintah Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata

Lalu kategori kedua untuk penumpang dengan maskapai medium service yang akan mendapatkan potongan harga tiket sebesar 48 persen. Terakhir, bagi penumpang maskapai low cost carrier (LCC) atau maskapai berbiaya hemat akan mendapat diskon sekitar 50 persen.

Meski begitu, diskon tersebut tidak diberikan kepada seluruh penumpang di setiap penerbangan. Diskon hanya berlaku untuk 25 persen penumpang dalam satu pesawat. Pemerintah pun telah mulai menyosialisasikan kebijakan ini mulai Rabu, 26 Februari 2020 kepada pihak maskapai penerbangan. Sedangkan pemberlakuannya rencananya akan dimulai pada bulan Maret hingga Mei 2020.

[Baca Juga: Tiket Kereta Mudik Lebaran Sudah Mulai Bisa Dipesan Pekan Ini]

Selain menggelontorkan intensif untuk maskapai penerbangan dalam menggenjot industri pariwisata tanah air akibat wabah vius Corona, Pemerintah juga menggelontorkan subsidi kepada pemerintah daerah berupa hibah Rp3,3 triliun untuk pembebasan pajak hotel dan restoran.

Dana tersebut juga tidak lupa dialokasikan untuk promosi pariwisata. "Kemudian ada untuk anggaran promosi Rp103 miliar dan juga untuk kegiatan turisme sebesar Rp25 miliar. Dan influencer sebanyak Rp72 miliar,” tutup Budi.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.