Imbas Covid-19, Pemkot Surakarta Data Pekerja yang Dirumahkan

Bisnis

Imbas COVID-19, Pemkot Surakarta Data Pekerja yang Dirumahkan

Pandemi COVID-19 berdampak pada lesunya sektor perindustrian. Dalam hal ini, pekerja menjadi salah satu yang terdampak. Sejumlah perusahaan diketahui memutuskan untuk “merumahkan” para karyawannya.

Adanya hal tersebut, membuat beberapa pemerintah daerah melakukan pendataan bagi pekerja yang “dirumahkan” sebagai imbas dari pandemi COVID-19. Pemerintah Kota Surakarta turut melakukan pendataan bagi para pekerja yang terdampak. Diketahui, sudah ada 507 karyawan yang dirumahkan oleh perusahaannya tempat bekerja.

"Sejauh ini sudah ada 507 karyawan yang dirumahkan yang masuk ke data kami," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Surakarta Ariani Indrastuti, dilansir dari antaranews.com (9/4/2020).

Imbas Covid-19, Pemkot Surakarta Data Pekerja yang Dirumahkan

Ariani menjelaskan tujuan pendataan ini ialah untuk laksanaan Program Kartu Prakerja bagi karyawan yang dirumahkan. Data tersebut nantinya akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Ketenagakerjaan. "Mereka (karyawan) kami masukkan ke Program Kartu Prakerja. Selanjutnya mereka akan memperoleh pelatihan dan insentif," katanya.

[Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Wali Kota Solo Minta Pendatang Harus Didata]

Para pekerja tersebut katanya akan mendapat pelatihan. Adapun pelatihannya tergantung dari kementerian dan komitmen dari Balai Latihan Kerja yang akan menjalankan program vokasi tersebut. Mereka juga akan mendapat bantuan dari pemerintah Rp600.000 per bulan selama tiga bulan.

"Kemungkinan mengenai kewirausahaan karena kan melibatkan BLK. Informasinya masing-masing orang akan dihubungi oleh kementerian langsung," katanya.

Sektor Perhotelan

Ariani mengatakan, sektor yang paling terdampak langsung yakni perhotelan. Hal ini karena sepinya pengunjung di masa pandemi COVID-19.

Ia pun menghimbau agar seluruh perusahaan tak mem PHK karayawannya. Pengusaha sebaiknya cukup merumahkan mereka.

"Harapannya setelah COVID-19 selesai, mereka bisa kembali bekerja seperti semula," katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Surakarta menyatakan sejumlah hotel berbintang memutuskan untuk menghentikan operasional sementara waktu. Akibatnya, sudah ada ratusan karyawan hotel yang dirumahkan.

"Hingga saat ini ada empat hotel berbintang di Kota Solo yang menutup operasional sementara hingga waktu yang belum bisa ditentukan," kata Perwakilan Humas PHRI Surakarta Sistho A Shresto.

[Baca Juga: Aplikasi Jakpro Bersih, Solusi Pelaporan Pelanggaran Perusahaan]


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 2 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di bola165 ,org

  • Anisa 2 years, 2 months lalu
    anisa

    QQHarian Hadirkan Promo Yang lagi HOT Banget neh. Ansuransi Modal Awal 100% Full klaim gak pake RIBET serba AUTO boss Dan masih banyak Promo lain antaranya yang juga lagi HOT EXTRA BONUS 200% yang bebas lakukan penarikan kapan saja serta Bonus BISA LANGSUNG di WD lho, hanya di QQHarian,Club. Info lanjut ? langsung hubungi CS nya atau buka situs/link nya ya guys. . . .