Imbas Pemberlakuan KLB, Jumlah Penumpang di Bandara Adi Soemarmo Turun

Bisnis

Imbas COVID-19, Penumpang Pesawat Melalui Solo Turun 80%

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia berimbas pada sektor penerbangan. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surakarta, jumlah penumpang pesawat yang melalui Bandara Adi Soemarmo Solo mengalami penurunan pada bulan April 2020.

"Jumlah penumpang pesawat udara komersial yang datang melalui Bandara Adi Sumarmo pada bulan April 2020 berjumlah 7.200 orang yang seluruhnya merupakan penumpang penerbangan domestik," kata Kepala BPS Kota Surakarta Totok Tavirijanto, dilansir dari antaranews.com (3/6/2020).

Imbas Pemberlakuan KLB, Jumlah Penumpang di Bandara Adi Soemarmo Turun

Lebih lanjut Totok memaparkan, angka tersebut mengalami penurunan sebanyak 80,97 persen bila dibandingkan pada bulan sebelumnya yang mencapai 37.830 orang.

Diketahui, jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Adi Sumarmo sebanyak 8.658 orang. Semuanya merupakan penumpang penerbangan domestik.

"Angka ini mengalami penurunan sebesar 79,50 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat berjumlah 42.228 orang," katanya.

[Baca Juga: Imbas Pemberlakuan KLB, Jumlah Penumpang di Bandara Adi Soemarmo Turun]

Sementara itu, Pejabat Humas Bandara Adi Soemarmo Danar Dewi mengatakan jumlah kedatangan penumpang mengalami penurunan sekitar 80 persen. Hal itu terjadi sejak ditetapkannya status kejadian luar biasa (KLB) di Kota Solo.

"Semenjak ada KLB baik penumpang berangkat maupun datang berangsur-angsur menurun. Beberapa waktu lalu penurunan mencapai 60 persen, pada bulan April sudah 80 persen," katanya.

Danar mengatakan, pada hari biasanya jumlah penumpang melalui Bandara Adi Soemarmo mencapai 2.000 orang per hari. Namun, sejak bulan April lalu jumlahnya menurun menjadi menjadi sekitar 800 orang per hari.

Bahkan, sejak adanya aturan khusus bagi penumpang pesawat, jumlah penumpang melalui bandara Adi Sumarmo semakin menyusut. Penerapan aturan tersebut sebagaimana protokol kesehatan percepatan penanganan COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.