Imbas Kenaikan Iuran, BPJS Berkomitmen Perbaiki Layanan

Bisnis

Imbas Kenaikan Iuran, BPJS Kesehatan Berkomitmen Perbaiki Layanan

Mulai 1 Januari 2020, Pemerintah resmi menaikkan iuran BPJS Kesehatan. Tidak tanggung-tanggung, kenaikan iuran BPJS Kesehatan mencapai 100 persen dari tarif iuran sebelumnya. Hal itu tentu saja membuat masyarakat kecewa. Bahkan banyak peserta BPJS yang memutuskan untuk turun kelas.

Tercatat, sejak November sampai Desember 2019, ada sekitar 372.924 peserta yang memutuskan untuk turun kelas. Angka tersebut terdiri dari 153.466 peserta kelas 1 turun ke kelas 2 serta 219.458 peserta dari kelas dua turun ke kelas tiga.

Imbas Kenaikan Iuran, BPJS Berkomitmen Perbaiki Layanan

Menanggapi kekecewaan masyarakat akibat naiknya iuran tersebut, BPJS Kesehatan pun berkomitmen untuk memperbaiki kualitas pelayanan kepada seluruh peserta. Seperti yang dilansir dari situs resmi BPJS Kesehatan, ada empat perbaikan yang diprioritaskan BPJS Kesehatan. Apa saja?

[Baca Juga: 3 Kiat Menyiasati Iuran BPJS yang Naik Agar Tetap Ramah di Kantong]

1) Memperbanyak Ketersediaan Kamar di RS

Susahnya mendapatkan kamar rawat inap menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami oleh peserta BPJS Kesehatan. Untuk itu, BPJS Kesehatan pun menambah ketersediaan kamar di rumah sakit agar kasus kehabisan kamar tidak terulang. Bahkan saat ini, para peserta BPJS Kesehatan bisa melihat ketersediaan kamar di setiap RS lewat aplikasi mobile JKN.

2) Memperbaiki Sistem Antrean

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kini BPJS Kesehatan memiliki aplikasi mobileJKN. Lewat aplikasi mobileJKN, para peserta menjadi mudah untuk mendapatkan nomer antrean ketika ingin berobat. Para peserta sudah tak perlu lagi melakukan registrasi administrasi di rumah sakit, karena semuanya sudah dilakukan melalui aplikasi. Meski begitu, peserta tetap harus melakukan antrean untuk daftar poli.

3) Memperbaiki Jadwal Operasi

Masih lewat aplikasi mobileJKN, kini para peserta BPJS Kesehatan dapat melihat jadwal operasi. Itu menjawab keinginan peserta yang sering mengeluhkan perihal jadwal operasi yang sering diundur atau terus tertunda oleh pihak Rumah Sakit.

[Baca Juga: Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat]

4) Mudah Mendapatkan Surat Rujukan

Kini masyarakat tidak perlu repot-repot untuk mendapatkan surat rujukan ke rumah sakit. Sebab, pemerintah telah menambahkan fitur baru, di mana bagi pasien yang surat rujukannya telah habis masa berlakunya dapat langsung diperpanjang di rumah sakit dan tidak perlu kembali ke faskes 1. Untuk diketahui sebelumnya, peserta harus bolak-balik ke faskes 1 untuk memperpanjang surat rujukan.

Nah, dengan perbaikan di atas, apakah kamu masih mengeluhkan soal kenaikan BPJS kesehatan?


Read More

Artikel Lainnya

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.

Doku Talk Tantangan Ekonomi 2023 Bisa Jadi Peluang di Indonesia.jpg

Bisnis

Doku Talk: Tantangan Ekonomi 2023 Bisa Jadi Peluang di Indonesia

25 November 2022, 14:34

Tak bisa dipungkiri terdapat potensi tantangan ekonomi di tahun 2023 bagi Tanah Air tapi di sisi lain menurut praktisi keuangan di Doku Talk disebut momen ini juga dapat menjadi peluang tersendiri.

Unik, Tarantula Diangkat Jadi Tema Pernikahan Ratu Tarantula Asal Bandun g.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik, Tarantula Diangkat Jadi Tema Pernikahan Ratu Tarantula Asal Bandung

25 November 2022, 11:32

The Ming Cu yang dikenal sebagai ratu tarantula dari Kota Bandung baru-baru ini menggelar pernikahannya dan menariknya, hobi hewan berbisanya itu dijadikan tema dari resepsinya!

Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gemp a.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gempa

24 November 2022, 17:14

Pakar Unpad mengungkapkan analisanya mengenai sebenarnya apa yang menjadi pemicu guncangan gempa Cianjur.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 10 months lalu
    kelly

    Banyak orang telah meraih puluhan juta rupiah hanya dengan bermain game di bola165,co sekarang saatnya giliran kamu untuk seperti mereka kunjungi situsnya dan bergabunglah sekarang juga.