Yuk Simak Tips Memilih PTN dan Prodi yang Tepat Versi Ditjen Dikti

Pendidikan

Imbas Pandemi Covid-19, Pelaksanaan Ujian Masuk PTN UNS Diundur

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia berdampak pada sejumlah sektor, tak terkecuali pendidikan. Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta 2020 diundur.

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Ahmad Yunus mengatakan keputusan tersebut dibuat menyusul Surat Edaran LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang Pelaksanaan Jadwal UTBK 2020. Hal ini sebagai dampak dari pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia.

[Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Wali Kota Solo Minta Pendatang Harus Didata]

"Diundurnya jadwal pendaftaran dan pelaksanaan UTBK tersebut sesuai dengan Surat Edaran LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang Pelaksanaan Jadwal UTBK 2020," kata Ahmad, dilansir dari antaranews.com (8/4/2020).

Ahmad memaparkan, periode pendaftaran UTBK dan SBMPTN diundur menjadi tanggal 2-20 Juni 2020 dari tanggal 20-26 April 2020. Kemudian untuk pelaksanaan UTBK diundur pada tanggal 5-12 Juli 2020 serta pengumuman SBMPTN pada tanggal 25 Juli 2020.

[Baca Juga: Kemendikbud Resmi Tunda Ujian Nasional SMK di Jakarta]

Adapun materi yang akan diujikan pada UTBK yakni tes potensi skolastik. Pada tes tersebut, peserta maksimal hanya dapat mengambil satu kali tes.

Kemudian untuk pelaksanaan tes dilaksanakan dalam empat sesi setiap harinya. Dalam surat edaran tersebut juga disebutkan bahwa pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali bersamaan.

"Dalam hal ini peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih perguruan tinggi negeri (PTN) serta program studi tujuan," katanya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo mengatakan ada dua sesi setiap harinya pada pelaksanaan UTBK. Total ada 14 sesi dengan waktu pagi dan siang.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.