Imlek Identik Dengan Hujan Kebetulankah

Berita Kawasan

Imlek Identik Dengan Hujan. Kebetulankah?

Perayaan Imlek selalu dibarengi dengan turunnya hujan. Mereka yang merayakannnya percaya, turunnya hujan di waktu malam pergantian Tahun Baru China membawa keberuntungan dan keberkahan. Mereka pada umumnya juga yakin bahwa turunnya hujan menggambarkan Dewi Kwan Im sedang menyiram bunga Mei Hua yang juga bisa berarti turunnya berkah dari langit.

Bahkan menurut beberapa ahli fengshui, parameter keberuntungan dapat dilihat berdasarkan intensitas hujan yang turun pada saat Imlek. Jika yang turun hanya gerimis, itu artinya keberuntungan yang akan datang juga sedikit. Begitupun juga dengan hujan deras, maka berarti akan ada keberuntungan yang melimpah ruah menghampiri masyarakat yang tempat tinggalnya diguyur hujan.

[Baca Juga: Makna Tradisi-tradisi dalam Perayaan Imlek]

Namun apakah turunnya hujan ketika Imlek itu suatu kebetulan? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Sebab seperti yang kita tahu, hari raya Imlek merujuk pada penanggalan Cina dimana perayaannya selalu jatuh pada musim semi. Jika dikonversi ke kalender masehi, Imlek selalu jatuh pada akhir Januari atau Awal Februari. Di Indonesia, pada bulan tersebut selalu bertepatan dengan musim hujan. Jadi besar kemungkinannya turun hujan pada perayaan Imlek.

Imlek Identik Dengan Hujan Kebetulankah

Lain halnya jika perayaan Imlek selalu bergeser setiap tahunnya seperti Idul Fitri yang menggunakan penghitungan kalender Hijriyah. Maka ada kemungkinan Imlek jatuh pada saat musim kemarau di bulan Juni atau pun Juli.

Sedikit melihat sejarahnya ke belakang, Imlek sendiri merupakan perayaan dimulainya masa cocok tanam. Imlek juga menjadi penanda berakhirnya musim dingin. Masyarakat pun pada saat itu berharap turunnya hujan untuk membantu proses cocok tanam. Maka dari itu, ketika hujan turun pada saat perayaan Imlek, hal tersebut sering dimaknai sebagai pembawa rezeki.

[Baca Juga: Makanan Khas Imlek Ini Ternyata Ada Maknanya Lho!]

Meski begitu, bagaimana pun juga cuaca adalah urusan Sang Pencipta. Bisa saja ketika Imlek tiba, hujan malah tak kunjung turun. Semua kembali lagi kepada sudut pandang masing-masing manusia. Ada yang menganggap tidak turunnya hujan saat Imlek pertanda sebagai ketidakberuntungan, namun di sisi lain masih banyak orang yang merayakan Imlek dengan penuh sukacita.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.