ads
DEPOK_KAWASAN_INDAHNYA MASJID KUBAH EMAS DI DEPOK INDONESIA_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Berita Kawasan

Indahnya Masjid Kubah Emas di Depok Indonesia

Wilayah Depok Indonesia memiliki masjid ikonik yang kerap kali dijadikan sebagai lokasi wisata religi bagi masyarakat Nusantara. Pasalnya, tempat ibadah umat Muslim tersebut memiliki bentuk arsitektur bangunan indah nan megah sehingga membuat masyarakat dari penjuru negeri rela datang ke Depok untuk melihatnya. Nama tempat ibadah tersebut adalah Masjid Dian Al-Mahri atau Masjid Kubah Emas.

Masjid Dian Al-Mahri atau yang populer dipanggil dengan nama Masjid Kubah Emas, berlokasi di Jalan Raya Meruyung, Kecamatan Limo, Depok Indonesia. Jadi Anda tidak perlu heran menghadapi kemacetan ketika tengah berkendara di area Jalan Meruyung pada akhir pekan. Sebab acap kali, Anda bisa melihat bus-bus pariwisata yang memenuhi jalan raya ini karena sedang mengantar para penumpang yang sengaja datang untuk melakukan wisata religi ke Masjid Kubah Emas.

Sejarah berdirinya Masjid Kubah Emas sebenarnya tidak bisa dilepaskan dengan seorang pengusaha asal Banten bernama Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rashid yang menjadi sosok pendirinya. Sebagaimana diwartakan oleh Pikiran Rakyat, Ia membeli tanah tempat berdirinya masjid tersebut pada 1996 dan baru memulai konstruksinya pada 2001 yang rampung pada 2006.

Masjid yang memiliki luas 8.000 meter persegi dan dapat menampung 20.000 jamaah ini pun diresmikan pada 31 Desember 2006, dan momen itu bertepatan dengan perayaan Idul Adha. Saking besar dan megahnya masjid ini, Kompas mewartakan bahwa Masjid Kubah Emas atau Masjid Dian Al-Mahri merupakan salah satu tempat ibadah Muslim terbesar yang ada di Asia Tenggara.

Satu hal yang menjadi ciri utama dari masjid ini adalah kubahnya dilapisi oleh emas. Bukan hanya satu, tapi Masjid Dian Al-Mahri memiliki lima kubah yang terdiri dari satu kubah utama dan empat kubah kecil. Tidak kira-kira, kubah utama memiliki diamater kubah luar 20 meter dengan tinggi 25 meter.

“Masjid Dian Al-Mahri mempunyai lima kubah yang semua dilapisi emas 22 karat melambangkan rukun Islam dan mempunyai enam yang melambangkan dari rukun imam,” ujar salah satu pengelola Masjid Dian Al-Mahri, Karno, sebagaimana dikutip dari Detik.com.

Tidak hanya kubahnya, tapi interior di Masjid Kubah Emas di Depok Indonesia ini juga memiliki hiasan yang terbuat dari emas. Salah satunya merupakan relief yang berada di atas tempat iman yang diklaim terbuat dari emas 18 karat. Kualitas emas yang sama juga digunakan untuk pagar di lantai dua serta hiasan kaligrafi yang berada di langit-langit masjid. Material untuk mahkota pilar-pilar di Masjid Kubah Emas ini juga menggunakan bahan dari residu emas.

Saat masuk ke dalam masjid, satu hal yang akan menyita perhatian mata Anda adalah lampu gantung besar yang semakin mempercantik suasana Masjid Dian Al-Mahri. Usut punya usut, lampu gantung itu didesain khusus atas permintaan dari si pendiri masjid, Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rashid, yang memesannya langsung di luar negeri.

“Lampu gantung itu dari Austria, itu yang mendesai Bu Haji Dian. Dia yang mencari lampu gantung sampai ke luar negeri. Talinya itu dari Italia, beliau datang ke pabrik lampu sehingga terciptalah desain lampu gantung sebesar itu, beratnya 2,7 ton,” jelas pengelola Masjid Dian Al-Mahri, Karno, sebagaimana dikutip dari detik.com.

Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Dian Al-Mahri di Depok Indonesia ini juga difungsikan sebagai Islamic Center. Jadi tempat ibadah yang memiliki nama lain Masjid Kubah Emas ini juga terbuka bagi siapa saja yang ingin mengenal Islam secara lebih dekat.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  10 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  4 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads