Produksi Selesai, Gerakan Indonesia PASTI BISA Salurkan Tes Kit RT-PCR .jpg

Kesehatan

Indonesia PASTI BISA Rampungkan Pengiriman Test Kit COVID-19 Buatan Anak Negeri

Berkat gerakan sosial Indonesia PASTI BISA yang diinisiasi East Ventures yang menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta PT Bio Farma, test kit Real Time Polymerase Chain Reaction atau RT-PCR untuk deteksi COVID-19 buatan anak negeri pun akhirnya rampung. Setelah proses produksinya rampung, gerakan Indonesia PASTI BISA pun langsung mendistribusikan ratusan ribu test kit tersebut ke berbagai pelosok Tanah Air demi membantu menekan penyebaran virus SARS-CoV-2.

Sebelum memasuki proses produksi, test kit COVID-19 buatan Indonesia diawali dengan pengembangan yang dilakukan Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penangangan COVID-10 atau TFRIC19 yang dibentuk BPPT. Namun usah melewati masa purwarupa, pihak TFRIC10 membutuhkan dana untuk membeli baku, produksi 100.000 test kit, serta distribusinya. Di mana untuk melewati semua proses tersebut, dibutuhkan dana sekitar Rp10 miliar.

Bak 'gayung bersambut', East Ventures pun menggagas gerakan Indonesia PASTI BISA yang ditujukan untuk menggalang dana yang dibutuhkan TFRIC19. Tak lama setelah gerakan sosial ini diluncurkan, proses pengembangan test kit RT-PCR pun langsung dilaksanakan dengan desainnya yang dibuat Nusantics dan PT Bio Farma yang menyediakan fasilitas serta tenaga untuk produksi massal.

Produksi Selesai, Gerakan Indonesia PASTI BISA Salurkan Tes Kit RT-PCR.jpg

“Kami bangga sebagai BUMN, bisa berkontribusi sesuai dengan kompetensi yang kami miliki dalam bidang biomolekuler/lifescience, untuk memproduksi RT PCR. Kolaborasi dalam nuansa kegotongroyongan seperti pembuatan RT-PCR, kami harap tidak hanya berhenti di sini saja, karena dengan berkolaborasi, kita dapat mempercepat penemuan-penemuan produk baru dalam bidang kesehatan, dapat memperkuat ketahanan kesehatan nasional,” ujar Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (18/6/2020).

PT Bio Farma berhasil memproduksi sekitar 100.020 test kit yang terbagi di dalam 3.334 boks. Di mana proses produksi ini membutuhkan waktu seminggu dan langsung didistribusikan pada 14 Mei 2020 di 19 provinsi Indonesia. Dengan pengiriman terakhir dilakukan pada 17 Juni 2020 ke BBTLKPP Ambon di Provinsi Maluku.

Pihak East Ventures pun merasa bangga atas kontribusi semua pihak dalam gerakan sosial yang ditujukan untuk membantu usaha pemerintah menangani COVID-19. “Kecepatan, kerja sama, efektivitas dari kolaborasi berbagai pihak membuktikan bahwa kapasitas dan kemampuan sumber daya lokal di bidang kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata dan masih bisa ditingkatkan lebih jauh. East Ventures berkomitmen mendukung program-program kesehatan lainnya yang dapat membangun ekosistem kesehatan Indonesia yang berswadaya,” tambah Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 1 month lalu
    suki

    guys ada kabar keren nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke bola165 jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan....