Indonesia Raih Gelar Destinati Wisata Halal Terbaik Dunia

Berita Kawasan

Indonesia Raih Gelar Destinati Wisata Halal Terbaik Dunia

Setelah lima tahun melakukan berbagai upaya, Indonesia terpilih menjadi destinasi wisata halal terbaik dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI) tahun 2019. Pencapaian ini mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia, baik Organisasi Kerjasama Islam (OKI) maupun negara non-OKI.

Lembaga pemeringkat Mastercard-Crescent menempatkan Indonesia pada peringkat pertama standar GMTI dengan skor 78 bersama dengan Malaysia yang sama-sama berada di peringkat teratas.

[Baca Juga: Indonesia Peringkat 4 dalam Hasil Survei Skor Kesejahteraan 360 Cigna]

“Indonesia satu-satunya negara yang paling progresif dalam mengembangkan destinasi halal tourism. Pada 2015 masih di peringkat 6, kemudian terus melakukan perbaikan pada tahun lalu peringkat 2 bersama Uni Emirat Arab. Tahun ini naik di peringkat teratas bersama Malaysia,” kata CEO Crescent Rating Fazal Bahardeen dalam keterangan rilis yang diterima PingPoint.co.id (9/4/2013).

Dalam acara yang berlangsung di Pullman Hotel Jakarta ini, Fazal juga menjelaskan, upaya Indonesia untuk mencapai posisi terbaik dilakukan secara serius di antaranya dengan membuat Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) yang mengacu pada standar global GMTI.

[Baca Juga: Jaktour Berencana Kembangkan Bisnis Pariwisata dan Perjalanan]

Selama dua tahun kemudian diterapkan IMTI 2018 dan IMTI 2019 pada 10 destinasi wisata halal unggulan di Indonesia sehingga tampak terjadi kemajuan yang signifikan.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya

Sementara itu, Menteri Parawisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi lembaga pemeringkat dunia Mastercard–Crescent Global Muslim Travel Index yang memberikan penilaian tertinggi pada Indonesia. Menurutnya, target yang diimpikan Indonesia sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia tercapai. Ini membuktikan untuk mencapai kemenangkan harus direncanakan.

Rencana itu telah dirancang sejak 2015 yang berlanjut dengan kerjasama Mastercard Crescentrating untuk membuat IMTI dengan mengacu standar global GMTI. “Kami terus meningkatkan performa 10 destinasi wisata halal unggulan pada IMTI 2018 dan 2019. Terbukti pengaruhnya sangat besar saat berlangsungnya penilaian di GMTI 2019,” kata Arief Yahya.

[Baca Juga: Menilik Program Hospital Tourism di RSUI Depok]

Menpar Arief juga berharap dengan naiknya peringkat Indonesia pada posisi teratas sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia ini akan semakin banyak mengundang minat turis dunia berkunjung ke Indonesia. Pada 2019 ini Kemenpar menargetkan kunjungan 20.000.000 wisatawan mancanegara atau 25 persen adalah turis mancanegera wisata halal.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.