IndoSterling Forum-9 Pentingnya Mitigasi Bencana Bagi Perekonomian Indonesia

Bisnis

IndoSterling Forum-9: Pentingnya Mitigasi Bencana Bagi Perekonomian Indonesia

IndoSterling kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) pada 5 Maret 2020. Ini menjadi yang ke-9 kalinya IndoSterling mengadakan acara FGD tentunya dengan mengangkat tema yang sedang ramai diperbincangkan di masyarakat.

Dalam acara yang bertajuk IndoSterling Forum ke-9, tema yang dibahas adalah mengenai mitigasi kebencanaan dan ancaman Corona. Bertempat di Sampoerna Strategic Square Jakarta, acara tersebut juga dihadiri Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

[Baca Juga: IndoSterling Forum Memprediksi Iklim Investasi Pasca-Pilpres 2019]

Dalam sambutannya, Doni menekankan betapa pentingnya pengetahuan tentang kebencanaan di Indonesia. Sebab menurutnya, ada banyak potensi yang membuat wilayah NKRI rentan terhadap serangan bencana.

"Sebenarnya kalau masyarakat sadar bencana, maka jumlah korban bencana bisa ditekan. Tsunami Aceh misalnya, kalau warga tahu jika ada gempa besar, maka mereka harus bersiap-siap ke tempat tinggi karena khawatir ada tsunami," ucapnya.

Sementara itu, menanggapi penyebaran Virus Corona yang menimbulkan penyakit baru COVID-19 di Indonesia, Doni menambahkan saat ini pemerintah sedang merancang protokol penanganan COVID-19. BNPB dalam hal itu bertindak sebagai koordinator sedangkan eksekutornya adalah kementerian terkait dan TNI/Polri.

IndoSterling Forum-9 Pentingnya Mitigasi Bencana Bagi Perekonomian Indonesia

Sebagai pencegahan agar terhindar Corona, Doni pun mengimbau masyarakat untuk mulai mengonsumsi makan makanan yang sehat secara teratur dan tidak membiarkan perut kosong sebelum meninggalkan rumah untuk beraktivitas. Sebab, jika perut dibiarkan kosong saat akan memulai beraktivitas malah dapat menyebabkan berkurangnya daya tahan tubuh.

"Jangan biarkan perut kosong, sebelum ke luar rumah pastikan sarapan terlebih dahulu," kata Doni.

Doni juga mengajak masyarakat mengonsumsi jamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan bagi masyarakat yang sedang sakit, Doni pun menganjurkan agar mengurangi aktivitas di luar rumah.

Senada dengan Doni, Founder IndoSterling Group William Henley menyatakan bahwa pemahaman tentang mitigasi bencana sangat penting ditengah negara yang rawan bencana seperti Indonesia. Sebab menurut William, dengan adanya mitigasi bencana dan perencanaan yang melibatkan banyak pihak bisa memberikan pengaruh positif dalam mempertahankan laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

IndoSterling Forum-9 Pentingnya Mitigasi Bencana Bagi Perekonomian Indonesia

“Jika mitigasi kebencanaan tidak dilakukan secara baik, maka efek yang dapat ditimbulkannya adalah harga volatile goods berpotensi mengalami kenaikan yang ujungnya dapat mendorong terjadinya inflasi semakin dalam. Kondisi inilah yang tidak kita inginkan,” ujar William.

Pada kesempatan itu, William juga mengajak semua pihak untuk tetap tenang menyikapi Virus Corona yang sudah muncul di Indonesia.

[Baca Juga: Berbagi Sambil Berinvestasi di Program CSR IndoSterling]

“Melalui forum ini kami meminta pemerintah dan masyarakat untuk tetap siaga dan waspada terhadap Virus Corona ini. Sementara kepada para pelaku usaha, harapannya mereka tidak menjadi panik,” tutup William.

Selain dihadiri Doni Monardo, IndoSterling Forum ke-9 ini juga diisi sejumlah nama seperti Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily, Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia, Dadang Sukresna, dan Disaster Management Research Unit CSIS, M. Habib Abiyan Dzakwan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.