IndoSterling Forum Milenial Tertarik Bangun Bisnis Startup

Bisnis

IndoSterling Forum: Milenial Tertarik Bangun Bisnis Startup

Saat ini generasi milenial merupakan yang paling banyak mendapatkan sorotan di Indonesia. Hal ini sebenarnya didukung dengan jumlah kelompok milenial yang menurut pihak Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ada sekitar 90 juta jiwa di Indonesia. Karena itulah pola segi mindset bisnis yang berjalan saat ini di Indonesia pun bergeser ke arah yang sejalan dengan milenial. Menariknya dari sisi bisnis, ternyata banyak di antara milenial yang memiliki keinginan untuk membangun startup.

Hal ini diungkap berdasarkan data yang dipaparkan pada diskusi IndoSterling Forum Kelima di Rework Coworking Space, fX Lifestyle Center, Jakarta (28/2/2019). Dalam event diskusi ini hadir para pembicara yang mendalami perihal terkait hubungan media sosial dan kelompok milenial di Indonesia. Salah satunya adalah Edbert Gani Suryahudaya dari Institute of Public Policy Universitas Atma Jaya.

IndoSterling Forum Milenial Tertarik Bangun Bisnis Startup

“Kami bertanya skill apa yang paling berguna untuk kalian? Ini yang menarik, enterpreneurship (kewirausahaan-red) bagi mereka paling penting,” ucap Edbert pada paparannya. Menurutnya, keinginan bidang wirausaha para milenial ini sebenarnya dapat menjadi bagian dari kebijakan publik yang ditawarkan oleh pemerintah.

[Baca Juga: Kembangkan Usaha Startup Anda di StartHub Connect]

Kemudian pada penelitian yang dilakukan Edbert, ia kembali bertanya kepada milenial mengenai keinginan mereka untuk membangun startup. “Ternyata jawaban yang paling banyak adalah mau bikin startup. Kalau ada kesempatan mau,” lanjut Edbert.

Tentu saja temuan ini memang sejalan dengan semakin berkembangnya online shop yang ramai di dunia maya, khususnya di media sosial yang dijalankan oleh para generasi muda. Karena memang rata-rata milenial sudah “melek” akan teknologi dan mereka ingin memanfaatkannya secara maksimal dalam membuat usahanya.

IndoSterling Forum Milenial Tertarik Bangun Bisnis Startup

Namun pertanyaan yang terbersit adalah sebenarnya jenis startup yang kira-kira banyak dilirik generasi milenial. Berdasarkan temuan Edbert, ternyata bidang kuliner masih cukup digandruing oleh milenial dan ini bisa dilihat di kota-kota besar. Di mana banyak bermunculan coffee shop yang dijalankan anak-anak muda usia produktif.

[#R[

“Ini angkatan kerja tertarik untuk menjadi enterpreneur kuliner. Lalu apa hubungannya dengan peraturan-peraturan pemerintah soal startup? Lalu apa yang bisa di-provide oleh perusahaan-perusahaan private soal itu? (Ini sebenarnya-red) untuk mengakomodir optimisme dan modal generasi ini,” tambah Edbert.

Karena itulah pada Indosterling Forum, Edbert menjelaskan pemerintah perlu hadir untuk memfasilitasi kelompok milenial yang menginginkan membangun startup. Hal yang senada diserukan founder IndoSterling Capital Willliam Henley. “Dengan tingginya angka usia produktif, maka Indonesia dapat memanfaatkannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya melalui rilis pers acara tersebut.

[Baca Juga: Kawanmain.co Bantu Teman Tuli dan Disabilitas Daksa Berbisnis]

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.