Pendaftaran Turnamen eSport Tahapan Kualifikasi ASL 2021 Winter Dimulai.jpg

Bisnis

Industri Entertainmen dan Media Kembali dari Kelesuan Akibat Pandemi

Industri entertainmen dan media atau E&M secara global telah bangkit kembali dari kelesuan akibat pandemi. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian pendapatan yang melampaui ekonomi secara keseluruhan.

Industri ini menuju pertumbuhan sebesar 6,5 persen pada 2021 dan 6,7 persen pada 2022 karena didorong oleh permintaan yang kuat untuk konten digital dan iklan.

Industri ini berhasil pulih pasca tahun 2020 ketika hiburan yang bersifat tatap muka turun drastis. Termasuk penurunan 71 persen pada pendapatan box office bioskop.

Hal ini berdasarkan laporan PricewaterhouseCoopers (PwC) dalam Global Entertainment & Media Outlook 2021-2025. Laporan itu merupakan analisis tahunan ke-22 dan perkiraan pengeluaran E&M oleh konsumen dan pengiklan di 53 wilayah.

Sementara pendapatan sektor E&M Indonesia pada Tingkat Pertumbuhan Tahunan Gabungan atau Compound Annual Growth Rate (CAGR) secara keseluruhan diperkirakan mencapai 8,7 persen dari tahun 2021 – 2025 terlepas dari dampak COVID-19. Hal ini disebutkan Subianto, Chief Digital and Technology Officer di PwC Indonesia.

Film Romantis dari Asia Digemari Pelanggan Netflix di Indonesia

“Pertumbuhan ini terutama didorong oleh pertumbuhan eksponensial dalam akses internet seluler, konsumsi data yang memimpin pertumbuhan kategori seperti video over the top, video game, dan esports serta iklan internet,” katanya.

Subianto menambahkan,”Kategori seperti bioskop, bisnis B2B, dan di luar rumah terus terkena dampak pandemi, tetapi diperkirakan akan muncul lebih kuat untuk memenuhi permintaan terpendam dari konsumen dan bisnis di Indonesia.”

Dalam rilis yang diterima di Jakarta pada bulan Juli ini, Global Entertainment & Media Outlook 2021-2025 memaparkan sejumlah temuannya.

  1. Penurunan 3,8 persen dalam pendapatan E&M secara global. Pendapatan pada 2019 sebesar US$ 2,1 triliun menjadi US$ 2,0 triliun pada 2020. Hal ini merupakan penurunan terbesar dalam perbandingan tahun ke tahun di sepanjang 22 tahun publikasi. Namun ada titik terang di sejumlah segmen E&M yang tercipta dari pergeseran permintaan konsumen.
  2. Dari 2021 hingga 2025 diproyeksikan pendapatan E&M secara global tumbuh pada CAGR yang sehat sebesar 5,0 persen yang akan meningkatkan pendapatan industri menjadi US$ 2,6 triliun pada 2025.
  3. TV tradisional atau video home tetap menjadi segmen konsumen E&M terbesar yakni sebesar US$ 219,0 miliar. Tetapi hal ini akan terus menyusut -1,2 persen CAGR selama lima tahun ke depan.
  4. Streaming video menjadi marak pada 2020 dan lintasan pertumbuhannya akan terus berlanjut.
  5. Streaming video on demand (SVOD) diproyeksikan tumbuh dengan CAGR 10,6 persen hingga tahun 2025 menjadikannya industri senilai US$ 81,3 miliar. Sementara pendapatan bioskop diproyeksikan akan pulih pada tahun 2021 seiring mulai dilonggarkannya karantina wilayah. Tetapi belum akan pulih ke level sebelum pandemi hingga setidaknya tahun 2024. Pendapatan video game dan eSport terus meningkat pesat. Pendapatan video game dan eSport mencapai US$ 147,7 miliar pada 2020 dengan CAGR 5,7 persen yang diproyeksikan akan memperluas segmen ini menjadi bisnis senilai US$ 194,4 miliar pada tahun 2025.
  6. Virtual reality adalah segmen E&M yang tumbuh paling cepat meskipun berasal dari basis yang relatif kecil. Pendapatannya melonjak sebesar 31,7 persen pada 2020 menjadi US$ 1,8 miliar dan diproyeksikan akan mempertahankan CAGR sebesar 30 persen lebih selama lima tahun ke depan hingga mencapai valuasi bisnis senilai US$ 6,9 miliar pada 2025.
  7. Musik akan mencapai pertumbuhan pesat setelah sempat mengalami penurunan besar-besaran hingga 74,4 persen dalam pendapatan pertunjukan live music pada 2020. Diperkirakan total pendapatan musik akan tumbuh dengan CAGR 12,8 persen selama lima tahun ke depan. Hal ini didorong oleh streaming digital yang valuasi bisnisnya akan berkembang menjadi US$ 29,3 miliar pada 2025 bersamaan dengan kembalinya pertunjukan langsung.
  8. Pengeluaran untuk iklan internet naik 9 persen menjadi US$ 336 miliar pada 2020. Hal ini melampaui pengeluaran iklan non internet untuk pertama kalinya dan diproyeksikan akan mencapai pertumbuhan yang kuat sebesar 7,7 persen CAGR selama lima tahun ke depan.
  9. Akses internet menyumbang 34 persen dari pengeluaran E&M pada 2020 dan akan meningkat dengan CAGR 4,9 persen dari US$ 694 miliar pada 2020 menjadi US$ 880 miliar pada 2025. Akses internet seluler akan mendorong pertumbuhan pasar. Di mana pendapatannya meningkat dengan CAGR 6,1 persen dari US$ 449 miliar pada 2020 menjadi US$ 605 miliar pada 2025. Hal ini didukung oleh penyebaran 5G, kemajuan dalam teknologi handset, dan paket konten premium.

Pantengin 13 Film Box Office Indonesia yang Bakal Tayang di Netflix

Laporan ini juga menekankan terlayaninya konsumen muda.

Banyak konsumen muda memiliki kesadaran atau minat yang rendah terhadap media tradisional dan beralih pada platform media yang lebih mutakhir.

Hal ini di sisi lain menumbuhkan perkembangan pesat platform media yang dirancang untuk konsumen muda atau yang memudahkan produksi konten.

Gaming menjadi pusat dari gerakan kaum muda sekaligus pendorong konsumsi data yang signifikan. Bahkan gaming berada pada laju yang bagus untuk menjadi kategori konten yang tumbuh paling cepat. Dari 4,7 persen pada 2020 menjadi 6,1 persen dari total konsumsi data secara global pada 2025.

Werner Ballhaus dari PwC Jerman menuturkan,“Pandemi tidak hanya memperlambat industri hiburan dan media tahun lalu. Tetapi juga mempercepat dan memperkuat pergeseran kekuatan yang telah mengubah industri.”

Dia melanjutkan,”Pendapatan box office beralih ke platform streaming, perpindahan konten ke perangkat seluler, maupun hubungan yang semakin kompleks di antara pembuat konten, produsen, dan distributor, dinamika dan kekuatan dalam industri terus bergeser.”

“Laporan kami menunjukkan bahwa kebutuhan akan konten, kemajuan teknologi yang berkelanjutan, dan model bisnis baru serta cara menciptakan nilai akan mendorong pertumbuhan industri selama lima tahun ke depan dan seterusnya,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.